Modul Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak 2022/2023

Untuk memfasilitasi program pendidikan guru penggerak musim ini, tim kemendikbudristek telah menyediakan modul untuk memfasilitasi kegiatan CGP agar bisa menjadi guru terbaik Indonesia untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (instructional leaders). Salah satunya adalah Modul 1.2 nilai-nilai dan peran guru penggerak yang kami bagikan dalam postingan ini.

gambar Modul Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Modul ini berusaha menempatkan Profil Pelajar Pancasila sebagai acuan utama standar kompetensi lulusan, karenanya harus dijadikan pedoman dan dihidupi oleh para pendidik, khususnya Guru Penggerak di Indonesia serta mengajak Bapak/Ibu menyadari bahwa nilai-nilai yang perlu diyakini seorang pendidik itu dipengaruhi oleh interaksi antara cara kerja pikiran serta emosi sebagai aspek intrinsik dengan aspek ekstrinsik dalam suatu lingkungan pembelajaran.

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:
1. Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
2. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.
3. Guru Penggerak secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.

Secara umum, profil kompetensi yang ingin dicapai dari modul ini adalah Calon Guru Penggerak mampu:
1. menumbuh-kembangkan Profil Pelajar Pancasila, nilai-nilai dan peran Guru Penggerak (GP) dalam dirinya sehingga mampu menumbuh-kembangkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri murid-murid.

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:
1. memahami bahwa manusia memiliki daya untuk memilih (choice theory)
2. memahami pentingnya menumbuhkan motivasi intrinsik
3. memahami bagaimana otak triune, kebutuhan dasar manusia, dan perkembangan psikososial mempengaruhi bagaimana nilai-nilai tumbuh dalam diri seseorang
4. memahami bagaimana nilai-nilai Guru Penggerak dapat menguatkan peran Guru Penggerak dalam membawakan perubahan pada ekosistem sekolah
5. mengadopsi kebiasaan reflektif sebagai Guru Penggerak

Materi-materi yang menjadi isi modul adalah sebagai berikut:
1. Refleksi pendidikan Indonesia dari Zaman Kolonial
2. Tulisan Ki Hadjar Dewantara (KHD): 1) Dasar-Dasar Pendidikan; dan 2) Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak; 3) Pidato Sambutan Ki Hadjar Dewantara. Dewan Senat Universitas Gadjah Mada, 7 November 1956
3. Relevansi dan kontekstualisasi Filosofi Pendidikan KHD yang disesuaikan dengan konteks Pendidikan di tingkat daerah dan tingkat nasional.

Dilengkapi dengan komponen bahan ajar seperti contoh gambar, video, serta fitur interaktif untuk menarik perhatian Peserta program pendidikan. Sehingga modul ini menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk menempah calon guru-guru penggerak

Modul ini sangat mudah diakses dan digunakan secara mandiri oleh setiap guru dimanapun dan kapanpun melalui media internet melalui gerbang kemdikbud.

Nah dengan tujuan lebih mempermudah teman-teman peserta pelatihan guru penggerak. Kali ini kami akan bagikan modul 1.1 yang disusun Aditya Dharma, S.Si, M.B.A. dan dicetak oleh Kemdikbudristek, Dirjen GTK, Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas sekolah dan tenaga kependidikan tahun 2022. melalui blog sederhana ini, sehingga diharapkan bisa melengkapi bahan belajar peserta.

Untuk membaca isi full modul yang telah kami jelaskan diatas. Berikut bisa di download file lengkapnya berekstensi pdf melalui link yang telah kami sediakan.

Atau Download Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional KHD pdf

Akhir kata, kami cukupkan informasi kali ini sampai disini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk meninggalkan pesan dikolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Modul Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak 2022/2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel