Pembahasan Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya

Sobat Guru-Baik, Pada postingan kali ini kami akan membahas jawaban dari salah satu pertanyaan yang terdapat pada program guru penggerak. Jawaban yang tersaji berupa contoh penulisan esai untuk menjawab pertanyaan pada tugas guru penggerak nomor urut 16.

gambar Pembahasan Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya

Jawaban yang kami berikan dibawah ini hanyalah sebuah refferensi saja, sehingga bapak ibu bisa mengoreksinya serta menambahkan persepsi lain jika memang masih kurang pas.

Soal Dan Jawaban

Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Dalam proses pengembangan terhadap orang lain dibutuhkan dukungan moril maupun materil, seperti halnya yang saya lakukan. Mengelola, membina, dan membimbing sebuah kelompok bukan perkara mudah. Dengan karakteristik dan pribadi yang beragam dari anggota dibutuhkan usaha maksimal dalam upaya pengembangan. Selain itu dukungan yang optimal sangat dibutuhkan, baik dukungan materil maupun non-materil. Secara psikologis, para peserta pengembangan sangat membutuhkan dukungan semangat atau motivasi dari orang lain untuk berkembang. Mental yang kuat juga menjadi bagian yang penting dipupuk.

Selain itu, dalam beberapa kegiatan tidak dipungkiri bahwa selalu membutuhkan dukungan materil berupa pendanaan atau financial. Dukungan financial sangat dibutuhkan untuk memenuhi biaya operasional kegiatan tersebut. Sebagai contoh, pada kegiatan pengembangan dalam bentuk lomba tentu sangat membutuhkan biaya kegiatan. Dukungan financial sering kali menjadi hambatan dalam melakukan kegiatan di luar sekolah. Hanya saja selama ini mampu diatasi dengan komunikasi yang baik dan intensif bersama para pemangku kebijakan. Dengan komunikasi yang baik akan selalu ada solusi penyelesaian masalah yang dihadapi, sehingga hal ini bukan merupakan hambatan yang serius.

Menjaga semangat belajar orang yang dibimbing sangat penting dilakukan guna mencapai hasil yang optimal. Upaya sederhana yang biasa dilakukan adalah terus memberikan perhatian yang intensif dan membantu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi selama mengikuti pengembangan. Bila perlu diberikan penghargaan bagi peserta yang serius mengikuti kegiatan.

Bagaimana hasilnya?

Setelah menerapkan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis sebagaimana yang diuraikan sebelumnya berhasil mengembangkan skill dan kompetensi diri yang semakin baik. hal tersebut terbukti dengan keberhasilan menjadi juara, suksesnya event-event yang digelar, dan mampu lulus pelatihan bagi peserta pengembangan diri. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain, baik secara sukarela maupun dengan tuntutan tugas atau pekerjaan. Semoga pengalaman-pengalaman ini dapat menjadi modal awal mengikuti seleksi calon guru penggerak dan harapannya dapat diterima menjadi guru penggerak.

Lebih lengkap Silahkan Download Jawaban Esai Guru Penggerak Terbaru Format pdf

Info Lainnya:
👉 Unduh Modul-Modul Program Guru Penggerak 2022/2023
👉 Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angatan 8
👉 Jadwal Guru Penggerak 2022/2023
👉 Cara, Syarat Dan Berkas Yang Harus DiUnduh Pada Program Guru Penggerak 2022/2023

Demikian info yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel