Kumpulan Soal Latihan AKM Kelas 5 SD Dilengkapi Kunci Jawaban (Level 3) Tahun 2022/2023

Sahabat guru-baik, Dihalaman berikut kami bagikan kumpulan contoh soal AKM (Asesmen kompetensi minimum) level 3 khusus kelas 5 versi terbaru yang akan melaksanakan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tahun ajaran 2022/2023 ini.

gambar contoh soal akm daring untuk kelas 5 SD

Sekumpulan soal AKM ini kami ambil dari laman resmi Pusat Asesmen dan Pembelajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia yang beralamatkan di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.

Ujian AKM merupakan program baru dalam dunia pendidikan Indonesia, Soal-soal ini memang disediakan bertujuan agar siswa kelas 5 belajar mengisi dan mengenal asesmen kompetensi minimum (AKM) sehingga bisa menambah wawasan dalam dalam memahami jenis-jenis soal yang akan dievaluasikan dan dujikan saat penilaian asesmen.

Soal akm disediakan dalam versi online dilengkapi kunci jawaban, hal ini tentunya memudahkan peserta didik untuk mengaksesnya dari rumah dan menggunakan kunci untuk mengevaluasi hasil jawaban.

Tak hanya untuk siswa, soal akm ini pun bisa digunakan oleh guru wali kelas tinggi dalam memahami bentuk-bentuk soal akm sehingga gurupun sangat menguasai materi-materi nya dan menjadikannya refferensi soal-soal selanjutnya

Terdiri dari 3 jenis soal akm dengan aspek materi yang akan diujikan meliputi pembelajaran Numerasi, Literasi Teks Fiksi, dan Literasi Teks Informasi yang disajikan dalam bentuk pilihan ganda dan issian.

Baiklah untuk guru dan siswa yang ingin segera mengaksesnya, berikut kami sediakan link yang akan mengantarkan dan mengarahkan dimana soal-soal AKM bisa dipelajari dengan sangat mudah tanpa harus ribet

Soal Numerasi

A. Bilangan

1. Representasi

2. Sifat Urutan

3. Operasi

B. Geometri dan Pengukuran

1. Bangun Geometri

2. Pengukuran

C. Aljabar

1. Persamaan dan Pertaksamaan

2. Relasi dan Fungsi (termasuk Pola Bilangan)

3. Rasio dan Proporsi

D. Data dan Ketidakpastian

1. Data dan Representasinya

Soal Literasi Teks fiksi Untuk mempelajari jenis soal teks fiksi level 3 silahkan akses melalui link yang tersedia berikut :
➧ Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal) – (Unduh)
➧ Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra sesuai jenjangnya. (6 Soal) – (Unduh)
➧ Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) – (Unduh)
➧ Menyusun inferensi (kesimpulan) berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) di dalam teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal) – (Unduh)
➧ Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (Unduh)
➧ Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (Unduh)

Soal Literasi Teks Informasi
➧ Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal) – (Unduh)
➧ Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal) – (Unduh)
➧ Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (14 Soal) – (Unduh)
➧ Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal) – (Unduh)
➧ Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (2 Soal) – (Unduh)

Lengkap ==>Kumpulan Soal AKM Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 SD Terbaru

Akhir kata kami cukupkan informasi kali ini kami berikan, silahkan akses untuk belajar latihan soal AKM sebagai persiapan sebelum menghadapi assemen nasional tahun 2023. Jika membutuhkan soal-soal lainnya silahkan akses pada link yang telah kami sediakan, sesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan. Terima kAsih.

1 Komentar untuk "Kumpulan Soal Latihan AKM Kelas 5 SD Dilengkapi Kunci Jawaban (Level 3) Tahun 2022/2023"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel