RPP K13 Kelas 1 SD [Format 1 lembar] Tema 8 Peristiwa Alam Revisi Terbaru 2020 Semester Genap.

Apakah bapak/ibu sedang mencari refferensi untuk membuat perangkat ajar revisi terbaru? jika ya, berikut Kami berikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kelas 1 SD tema 8 format 1 lembar semester 2 revisi 2020 lengkap dengan sub tema dan pembelajaran 1 sampai 6. Untuk contoh bisa didownload gratis melalui postingan ini.

Kebijakan terbaru yang tertuang dalam permendikbud no 14 menyatakan RPP tidak perlu menggunakan banyak komponen seperti sebelumnya, 3 komponen saja cukup yakni tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Dengan memangkas beberapa komponen tersebut, bapak nadiem memiliki estimasi bahwa RPP cukup 1 lembar saja

Walaupun 1 lembar diharapkan RPP tetap menjadi salah satu pegangan guru yang berfungsi sebagai kerangka konsep dalam melaksanakan proses mengajar dikelas dengan kualitas yang baik dan tetap menjadi refleksi dalam mengajar.

Rpp kelas 1 tema 8 yang kami bagikan ini merupakan k13 revisi 2020 format 1 lembar yang disusun berdasarkan buku guru dan siswa revisi terbaru dikembangkan berdasarkan keterampilan abad 21 yaitu pendidikan penguatan karakter (PPK), 4C dan HOTS.

Nah bagi ibu/bapak ingin melihat sampel RPP 1 lembar berikut kami berikan contoh berupa Rpp kelas 1 tema 8 subtema 2 pembelajaran 3 k13 revisi 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  1 /2

Tema                                     :  Peristiwa Alam (Tema 8 )

Sub Tema                             :  Kemarau  (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn

Pembelajaran ke          :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian lisan atau tulisan dengan tepat.
  2. Dengan bermain peran, siswa dapat memerankan ungkapan pujian lisan atau tulis dengan tepat.
  3. Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi persamaan/perbedaan berat benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
  4. Setelah berlatih, siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
  5. Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan aturan dan mempresentasikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan penggunaan air dan bersih.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Orientasi/Apersepsi/ Motivasi

1.   Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.

2.   Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.

3.   Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari  sebelumnya

10

menit

Kegiatan

Inti

Ayo Membaca

1.      Guru dan siswa sama-sama berdiskusi tentang kalimat pujian yang ada di dalam buku siswa. Manakah kalimat yang seharusnya dilingkari? Mana yang tidak? Mengapa?(Collaburation)

Ayo Bermain Peran

1.     Siswa berbaris berjajar ke samping agar semua siswa dapat melihat tanpa terhalang.

2.     Siswa diminta untuk tenang tanpa mengeluarkan komentar apapun selama pengamatan. Waktu pengamatan sekitar 5 menit.

3.     Setiap kelompok lalu berdiskusi tentang hasil pengamatan tentang pemandangan/suasana masing-masing anggota.

4.     Siswa lalu kembali ke tempat duduk. Tiba waktunya beristirahat sejenak. Siswa dipersilakan untuk minum air putih dahulu.

Ayo Mengamati

1.     Siswa diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang. Setiap kelompok mendapatkan sebuah gantungan baju dan penggaris untuk dibuat menjadi alat ukur tidak baku. Setiap kelompok juga mendapatkan sepuluh butir kelereng sebagai beban pengukur berat benda.

2.     Setiap kelompok diminta menimbang benda yang dimiliki siswa, seperti buku tulis, tempat pensil, buku gambar, dan lain-lain. Setiap kelompok mengukur 3 buah benda.

3.     Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa.

Ayo Berlatih

1.     Siswa menjelaskan apakah persediaan air bersih di sekolah untuk musim panas cukup atau tidak. Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan.(HOTS)

2.     Siswa menyiapkan tulisan tentang aturan di rumah masing-masing tentang kegiatan penghematan penggunaan air selama musim kemarau.(Mandiri)

150

menit

 

Kegiatan

Penutup

1.     Guru menutup pembelajaran dengan releksi kegiatan hari ini:

2.     Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.

3.     Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa mengamati cara penggunaan air bersih pada musim kemarau di lingkungan rumah. (Mandiri)

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.

15

menit

 

PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Link Download

Sesuai dengan penjelasan kami diawal, melalui artikel ini bapak/ibu guru dapat mendownload contoh rpp kelas 1 tema 8 1 lembar kurikulum 2013 revisi 2020 dengan gratis dan mudah melalui link unduhan yang bisa digunakan dengan hanya mengkliknya saja.

+Rpp Kelas 1 Tema 8 1 Lembar Subtema 1 Unduh

+Rpp Kelas 1 Tema 8 1 Lembar Subtema 2 Unduh

+Rpp Kelas 1 Tema 8 1 Lembar Subtema 3 Unduh

+Rpp Kelas 1 Tema 8 1 Lembar Subtema 4 Unduh

file rpp yang kami bagikan berbentuk adalah contoh, jika membutuhkan file lengkap mulai dari subtema 1 sampai 4 yang masing-masing telah kami pisahkan perpembelajaran dari pembelajaran 1 sampai 6 untuk setiap subtema silahkan chat wa 082182669919.

Sampai disini informasi yang bisa kami berikan, semoga bisa menjadi refferensi dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "RPP K13 Kelas 1 SD [Format 1 lembar] Tema 8 Peristiwa Alam Revisi Terbaru 2020 Semester Genap."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel