Download 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 Tema 6 7 8 9 K13 Revisi 2021

Melalui postingan ini kami berikan RPP 1 lembar kelas 6 tema 6 7 8 9 semester genap sebagai refferensi perangkat ajar terbaru tahun 2021.

Untuk saat ini, RPP revisi terbaru disesuaikan dengan permendikbud nomor 14 dengan konsep penyederhanaan merdeka belajar dari pak Nadiem.

RPP kelas 6 semester 2 revisi 2020

RPP dibuat lebih ramping dengan menggunakan tiga komponen utama yaitu tujuan, langkah-langkah pembelajaran, dan assesmen/penilaian sehingga cukup dalam 1 lembar saja.

Namun walaupun satu lembar RPP tetap berkualitas dan tetap termuat didalamnya pembelajaran abad 21 terintegrasi literasi, PPK, 4C dan HOTS.

Prinsip penyusunan RPP terbaru 2021 dijelaskan dalam arahan mendikbud mengacu kepada efektif dan efisien dan berorientasi pada peserta didik, dalam artian RPP harus bisa meminimalkan cost pembuatannya, memaksimalkan fungsinya serta dapat menjadi katalisator dalam menumbuhkan potensi siswa.

Format yang digunakan untuk RPP versi 1 lembar ini bisa bebas dipilih dan ditentukan sendiri oleh guru yang bersangkutan.

Berdasarkan penjelasan Bapak Nadiem selaku Mendikbud baru, pada dasarnya penyederhanaan RPP ini semata-mata untuk meringankan beban guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran.

Sehingga diharapkan dengan adanya RPP tebaru tahun 2021 ini guru bisa lebih fokus kepada kegiatan pembelajaran dikelas dari pada pembuatan lesson plan yang panjang lebar seperti sebelumnya.

Rpp 1 lembar kelas 6 semester 2 ini terdiri dari 4 tema yakni tema 6 menuju masyarakat sejahtera, tema 7 kepemimpinan, tema 8 bumiku, dan tema 9 menjelajah luar angkasa. Setiap tema mengandung 4 subtema dan setiap subtema terdiri dari pembelajaran 1 sampai 6.

Tema 6 tentang menuju masyarakat sejahtera yang akan diajarkan pada bulan pertama semester genap yang didalamnya terkandung subtema 1 sampai 4 meliputi subtema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan, subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera, dan subtema 3 Masyarakat Sejahtera, Negara Kuat.

Tema 7 tentang kepemimpinan yang akan diajarkan pada bulan kedua semester genap yang didalamnya terkandung 4 subtema yakni subtema 1 Pemimpin di Sekitarku, subtema 2 Pemimpin Idolaku, dan subtema 3 Pemimpin Idolaku, subtema 4 pembiasan literasi.

Tema 8 tentang bumiku yang akan diajarkan pada bulan ketiga semester genap yang didalamnya terkandung 4 subtema yaitu subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, subtema 2 Bumiku dan Musimnya, subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan, dan subtema 4 pembiasan literasi.

Sedangkan Tema 9 tentang menjelajah angkasa luar yang merupakan bahasan terkahir disemester genap sebelum memasuki ujian akhir dan mengandung 4 subtema diantaranya subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan, subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya, subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa dan subtema 4 pembiasan literasi.

Contoh RPP 1 Lembar

agar lebih jelas dibawah ini kami berikan contohnya kepada, silahkan disimak dan dipahami dengan seksama.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2. Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
3. Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN


pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan Inti
 Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
 Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
 Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna
 Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
 Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
 Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
 Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.
 Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN.
 Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap.
 Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan sosial budaya dari dua negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation) Penutup
 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

Refleksi dan Konfirmasi


Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)


Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Link Download

Sesuai dengan judul postingan ini, agar ibu/bapak guru dapat mendownload contoh RPP kelas 6 SD, telah kami sisipkan link unduhan yang bisa digunakan dengan mudah dan gratis.

Gunakan contoh yang kami sediakan sebagai refferensi penyusunan RPP 1 lembar revisi 2020 agar bisa membantu bapak/ibu guru dalam menyusun perangkat ajar.

Silahkan gunakan link tautan dibawah ini untuk mendownload RPP kelas 6 semester 2 revisi 2020 berikut :

RPP 1 lembar kelas 6 SD semester 2 diatas telah disusun secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Demikian info singkat kami tentang rpp kelas 6 semester 2 k13 revisi terbaru 2020 lengkap semua tema kami berikan, Semoga bisa memenuhi keinginan guru-guru semua. Terima Kasih

Belum ada Komentar untuk "Download 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 Tema 6 7 8 9 K13 Revisi 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel