Cara Membuat SKHU Sementara 2020 Dengan Mail Merge Dilengkapi Contoh

Surat keterangan hasil ujian (SKHU) yang diberikan bersamaan dengan ijazah merupakan bukti telah menyelesaikan pendidikan pada jenjang sekolah tersebut. Peserta didik tingkat akhir akan menerima ijazah setelah ujian akhir semester selesai diselesaikan, namun tidak serta merta langsung dibagikan karena butuh waktu untuk mencetaknya. Nah selama menunggu, siswa akan mendapatkan SKHU sementara yang bisa digunakan sebagai persyaratan untuk mendaftar PPDB atau PMB sebelum ijazah terbit.

contoh SKHU Sementara tahun 2020

Contoh SKHU sementara yang kami tampilkan diatas merupakan contoh yang telah disesuaikan berdasarkan regulasi terbaru yaitu persejen nomor 5 tahun 2020 yang berisikan juknis penulisan IJazah, tekhins dan blanko. Format terbaru SKHU sementara ini kami adaptasikan dengan cara pengisian ijazah bagian belakang yang berisikan nilai sekolah dimana nilai ujian nasional ditiadakan.(baca selengkapnya).

Baiklah setelah kami tampilkan contoh SKHU sementara format doc. Berikut cara membuat SKHU sementara dengan menggunakan mail merge (mailing) yang ada di ms word.

Kalau menurut kami membuat SKHU sementara menggunakan mail merge merupakan pilihan yang tepat bagi opertor maupun guru sekolah untuk mempercepat pengerjaan serta tingkat kevalidannya bisa dikatakan lebih akurat.

Untuk bisa membuat SKHU sementara menggunakan mail merge, kita perlu menyiapkan dua file yaitu database siswa dalam bentu excel yang berisikan Nama, Tempat dan Tanggal nama orang tua, Nomor Induk Siswa, NISN, dan Nilai rata-rata sebagai data source yang akan di insert kedalam SKHU semestara dan format SKHU sementara doc yang nantinya akan dicetak.

Oke sebelum lanjut silahkan download dua file penting berikut ini :

Untuk SD

1. Format SKHU sementara SD Ms Word, UNDUH DOC

2. Format Database / Data Source SKHU Sementar SD Ms Excel, UNDUH xls

Untuk SMP

1. Format SKHU sementara SMP Ms Word, UNDUH DOC

2. Format Database / Data Source SKHU Sementar SMP Ms Excel, UNDUH xls

Selanjutnya kita mulai ke tahap yang kedua yaitu :

Cara Membuat SKHU sementara Dengan Mailing (Mail Merge)

#Langkah Pertama : Silahkan Buka Format database SKHU sementara Ms Excel yang telah didownload tadi, silahkan masukkan data berupa Nama, Tempat dan Tanggal nama orang tua, Nomor Induk Siswa, NISN, dan Nilai kedalam Sheet "data mentah" Setelah itu simpan. Untuk shhet kedua "data source" biarkan saja jangan diubah-ubah karena data mentah yang kita entri tadi akan otomatis masuk ke dalam data source yang nantinya digunakan resipient saat mengolah data Ms word. jika selesai silahkan simpan dan tutup kembali.(lihat gambar)

#Langkah Kedua : Buka format SKHU semenatar Ms Word, kemudian klik mailing, pilih select recipient setelah itu klik use exiting list kemudian pilih file database excel tadi lalu klik open setelah itu pilih data source. (Lihat Gambar)

tutorial cara membuat SKHU sementara dengan mail merge
#Langkah Ketiga : Kemudian silahkan proses SKHU sementara peserta didik satu persatu dari nomor urut 1 dst dengan menekan tombol next record, setelah itu klik insert merge field sampai selesai. (Lihat Gambar diatas).

#Langkah Keempat : Sampai disini proses pengerjaan SKHU semenatara dengan mail merge selesai, untuk mencetak (print) silahkan klik finis & merge lalu pilih print document, silahkan pilih sesuai dengan nomor siswa yang ingin dicetak. Misal 2 - 4. setelah itu klik print.(Lihat Gambar)

AKhirnya, sampai disini kami rasa penjelasan kami sudah selesai, Semoga apa yang ingin kami sampaikan bisa dimengerti dengan baik. Terima KAsih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat SKHU Sementara 2020 Dengan Mail Merge Dilengkapi Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel