RPP Daring Format 1 Lembar Jenjang SD SMP SMA/SMK Tahun 2020/2021

Guru-Baik.Com - Pendidik, Postingan kali ini kami khususkan membantu rekan guru membuat RPP daring 1 lembar Tahun ajaran 2020/2021. Dokumen rencana mengajar yang satu ini merupakan sarana pendukung agar materi masih bisa tersampaikan dengan maksimal. Meskipun Masih merebaknya wabah covid19 diseluruh belahan dunia yang membuat kegiatan pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka langsung sehingga memanfaatkan media internet sebagai solusinya.

gambar contoh RPP daring 1 lembar

Moda daring yang tengah digalakkan pemerintah merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Pembelajaran jarak jauh atau PJJ ini dinilai langkah yang paling tepat untuk saat ini.

Walaupun pemerintah sudah memfasilitasi kegiatan belajar ini seperti disediakannya program belajar dirumah TVRI, internet gratis untuk beberapa situs belajar online. Akan tetapi kegiatan BDR ini masih dinilai kurang efektif terkait beberapa kendala seperti kurang fokusnya kegiatan pembelajaran siswa karena banyak gangguan dari luar serta beberapa daerah yang jaringan internetnya masih lemot.

Namun terlepas dari hal itu semua. Kegiatan belajar jenis ini tetap solusi terbaik. Bisa dibayangkan jika anak-anak SD harus kesekolah dan bertemu teman-teman dimusim covid ini. Pasti banyak hal yang sudah diduga berpotensi menularkan virus mematikan ini dari satu anak ke anak yang lain.

Baiklah Sesuai dengan judul postingan ini kami bagikan contoh yang bisa diunduh secara gratis melalui link tautan atau menuju situs kemendikbud.

Contoh RPP

Berikut ini kami hadirkan contoh RPP daring 1 lembar kelas 6 SD tema 1 yang bisa dijadikan refferensi oleh guru-guru sekalian.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung yang di share melalui grup WA. siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  • Setelah mengamati gambar bunga yang di share melalui grup WA. siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
  • Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya yang di share melalui grup WA, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  • Setelah berdiskusi melalui aplikasi zoom, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi Lainnya (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

  • Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa (melalui grup wa)
  • Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif yang di share melalui grup wa.
  • Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif melalui video yang dishare di grup WA.
  • Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna
  • Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
  • Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru melalui grup wa.
  • Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar di grup wa.
  • Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN melalui grup WA.
  • Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN melalui grup WA.
  • Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap.
  • Siswa dapat memasukkan informasi tentang bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll). (Creativity and Innovation)
  • Pembelajaran jarak jauh dengan membaca buku refferensi, buku tema dan browsing atau melalui program belajar TVRI.
  • Penugasan (Dikerjakan secara daring).

Kegiatan Penutup

  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik : Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

  • Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

  • Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Butuh refferensi lebih lengkap lagi?? silahkan gunakan link berikut RPP 1 lembar revisi 2020.

Nah jika ingin melihat contoh lainnya dibawah ini juga kami sediakan dalam format word/doc melalui cuplikan berikut ini.

Diatas merupakan contoh yang bisa kami berikan. Jika berkenan dan ingin menggunakannya sebagai refferensi untuk membuat RPP secara mandiri silahkan gunakan link unduhan berikut ini.

Download RPP Daring SD

BAGI TEMAN-TEMAN GURU YANG MEMBUTUHKAN berbagai macam REFERENSI RPP JENJANG SMP SMA DAN SMK BISA mengikuti langkah-langkah dibawah.

1. Klik link rpp daring berikut ini : https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/.

2. pada laman berikutnya, pilih moda "daring", jenjang (Sesuai kebutuhan), Semua kelas (sesuai kebutuhan), Semua mata pelajaran (Sesuai kebutuhan).

3. Klik tombol terapkan warna biru

4. cari rpp yang anda butuhkan, jika sudah ditemukan silahkan klik tombol "UNDUH RPP", maka akan ditampilkan dalam format PDF.

Baiklah, Cukup kiranya informasi kali ini kami kabarkan. Silahkan gunakan contoh yang kami berikan untuk bereksplorasi. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Format 1 Lembar Jenjang SD SMP SMA/SMK Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel