RPP Daring Kelas 2 SD K13 Tahun 2021/2022

Guru-Baik.Com - Memulai semester baru dimusim covid 19 Kemungkinan besar kegiatan belajar masih akan dilaksanakan secara online. Sehingga sudah dipastikan guru membutuhkan perangkat ajar terbaru yang sinkron dengan ini. Untuk itu dilaman ini kami berikan RPP daring kelas 2 SD format 1 lembar sebagai refferensi.

gambar contoh RPP daring kelas 2 SD

Untuk contohnya bisa didownload dengan gratis karena memang telah kami sediakan untuk ibu/bapak sekalian.

Pembuatan RPP disesuaikan dengan surat edaran nomor 14 tahun 2019 dengan menggunakan 3 komponen wajib didalamnya meliputi tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau assestment.

Memang wajibnya hanya 3 komponen akan tetapi jika guru-guru sekalian ingin menambahkan komponen lain tentu diperbolehkan. penambahan dibebaskan sesuai keinginan rekan-rekan sekalian seperti KI dan KD ataupun komponen lainnya.

Konsep RPP yang tertulis dalam surat edaran mendikbud terbaru tersebut disimpulkan dalam 3 prinsip yaitu efisien, efektif dan berorientasi pada peserta didik.

Arahan bapak nadiem terkait penyederhanaan RPP ini sebagai salah satu point dari empat kebijakan merdeka belajar adalah dalam rangka meringankan beban guru dalam menyiapkan administrasi ajar.

Contoh RPP Daring Kelas 2

Baiklah, agar lebih jelas silahkan perhatikan contoh yang kami tampilkan melalui penampakan dibawah ini

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah mendengarkan lagu yang di share melalui WA Grup siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.

2. Setelah mengamati gambar yang di share melalui WA grup siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

3. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

 


Pendahuluan

 Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

 Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

 Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

 Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa (Secara Daring)

 Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.

 Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.

 Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.

 Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya (Creatiivity and Innovation)

 Siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus.

 Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.

 Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.

 Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.

 Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.

 Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.

 Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.

 Pembelajaran jarak jauh (Daring) dengan membaca buku referensi, buku tema dan browsing atau melalui Program Belajar TVRI.

 Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

 Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Link Download

Sesuai dengan judul postingan, niat kami adalah memberikan RPP daring 1 lembar Untuk kelas 2 SD dengan gratis agar bisa memberikan refferensi bagi bapak/ibu guru sekalian.

Jika setelah membaca penjelasan singkat kami dan melihat contoh sehingga ingin mendownload, silahkan gunakan link unduhan dibawah untuk mendapatkan file lengkap :

RPP Daring Kelas 2 K13 Semester Ganjil Revisi 2021, (Ambil File)

RPP Daring Kelas 2 K13 Semester Genap Revisi 2021, (Ambil File)

Kami perjelas sekali lagi bahwa yang kami berikan adalah contoh untuk file lengkap RPP daring kelas 1 format 1 lembar silahkan chat wa: 02182669919. File yang akan kami berikan bisa langsung diaplikasikan langsung dikelas.

Sekian informasi kali ini kami berikan. jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar, nanti jika ada informasi lanjutan akan kami update melalui artikel ini juga.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Kelas 2 SD K13 Tahun 2021/2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel