Jawaban Dan Soal TVRI Selasa 9 Juni 2020 Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 SD

Guru-Baik.Com - Adik - adik siswa dimanapun berada, mungkin saat ini sedang menunggu berlangsung nya acara belajar dirumah bersama TVRI. Hari ini sama seperti biasanya, acara akan dimulai pukul 08.30 sampai 09.00 untuk kelas 1 2 dan 3. kemudian dilanjutkan untuk kelas 4 5 6 pada pukul 09.00 sampai 09.30.

gambar jawaban dan soal kelas 1 2 3 4 5 6 TVRI Selasa 9 Juni 2020

Adapun tema yang akan dibahas adalah mengenal bangun ruang untuk kelas 1 - 3 dan mekanisme sistem organ untuk kelas 4 - 6. Dan akan ada kuis alias soal diakhir segmen. Namun adik-adik tidak usah khawatir, karena disini kami berikan jawabannya sebagai refferensi.

Agar lebih baik dalam belajar nya sebaiknya ajaklah orang tua untuk belajar bersama. agar kompetensi literasi dan kompetensi numerasi yang ada dalam pembelajaran bisa tercapai dengan baik.

Jawaban Soal TVRI kelas 1 2 3, Selasa 9 Juni 2020

1. Tuliskan masing-masing 2 benda di rumahmu yang memiliki bentuk tabung, kerucut, balok, kubus, prisma, dan bola!

Jawaban

Benda Berbentuk tabung : Toples

Benda Berbentuk kerucut : Topi ulang tahun

Benda Berbentuk balok : Aquarium dan Batu-bata

Benda Berbentuk balok : Dadu dan tempat makan

2. Gambarkan 3 bola dengan ukuran yang berbeda, lalu urutkan dari yang paling kecil!

Jawaban

3. Untuk kelas 3: Jelaskan sifat-sifat kubus!

Jawaban

Sifat - Sifat kubus

- Jumlah sisi kubus ada 6

- Panjang rusuk kubus sama panjang

- Jumlah rusuk kubus ada 12

Jawaban Soal TVRI kelas 4 5 6, Selasa 9 Juni 2020

1. Dua gelas ukur berukuran besar dan kecil. Gelas besar diisi air dan gelas kecil posisi telungkup di dalam gelas besar. Volume air 750 cm3 . Iwan dan Bedu masing-masing menghembuskan udara ke dalam gelas dengan sedotan. Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3 . Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

Jawab

Jumlah udara yang bisa dihembuskan manusia adalah seberapa banyak udara yang bisa ditampung paru-paru. Sehingga kesimpulannya adalah paru-paru Iwan bisa menampung udara lebih banyak dari Bedu yaitu 250 cm3 banding 125 cm3

2. Bagaimanakah proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan kita? Coba Jelaskan!

Jawaban

Ketika membuka mulut, untuk memasukkan makanan favorit Anda, dari sinilah, perjalanan panjang makanan dimulai. Mulut seakan menjadi “gerbang utama”, dari proses pencernaan pada manusia. Selanjutnya, makanan dikunyah menjadi bagian-bagian kecil, yang membuatnya mudah dicerna. Sementara itu, air liur yang bercampur dengan makanan-makanan tersebut, akan mengubahnya menjadi bentuk yang bisa diserap oleh tubuh.

Setelah ditelan, makanan akan menuju langsung ke tenggorokan Anda. Dari sinilah, makanan akan “meluncur” ke esofagus atau tabung penelan.

Esofagus, atau kerongkongan, adalah tabung berotot yang membentang dari faring (tabung fibromuskular di depan tulang leher), ke lambung. Melalui gerakan meremas (gerakan peristaltik), esofagus akan mengirimkan makanan ke lambung. Tepat sebelum makanan masuk ke dalam perut, ada “zona tekanan tinggi” (sfingter esofagus bawah), yang bertugas sebagai katup, agar makanan tidak melewati belakang kerongkongan.

ari esofagus, makanan akan mampir ke lambung. tidak hanya bertugas sebagai penyimpan makanan, tapi juga “penggiling” makanan yang Anda konsumsi. Saat proses pencernaan pada manusia mencapai lambung, maka akan ada enzim dan asam, yang bertugas memecah makanan.

Usus kecil atau usus halus adalah destinasi selanjutnya, setelah makanan melewati perut. Usushalus terdiri dari tiga bagian; duodenum, jejunum, dan ileum.

Di dalam usus besar, seluruh cairan yang ada di dalam makanan, akan diserap, sehingga sisa-sisa makanan ini memiliki bentuk yang lebih solid. Sisa-sisa makanan (feses) ini akan disimpan di dalam usus sigmoid.

Ditahap terakhir makanan akan dikeluarkan melewat dubur dan anus. Rektum atau dubur adalah ruangan sekitar 20 cm yang menyambungkan usus besar ke anus. Menerima kotoran (feses) dari usus besar, adalah tugas utama dari dubur. Sedangkan Anus adalah pemberhentian terakhir dari proses pencernaan, sebelum akhirnya makanan yang sudah berubah menjadi kotoran atau feses, keluar dari tubuh.

3. Tuliskan tiga bagian darah! Coba jelaskan fungsi masing-masing dalam tubuh kita!

jawaban

3 Bagian darah

- Plasma darah, berfungsi mengangkut sel-sel darah, untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh bersama nutrisi; hasil limbah tubuh; antibodi; protein pembeku; serta bahan kimia seperti hormon dan protein yang bantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

- leukosit, berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh.

- Trombosit, berfungsi membentuk sumbatan bersama benang fibrin guna menghentikan peradarahan, sekaligus merangsang pertumbuhan jaringan baru di area luka.

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Dan Soal TVRI Selasa 9 Juni 2020 Untuk Kelas 1 2 3 4 5 6 SD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel