Contoh RPP Daring Kelas 4 SD Tahun Pelajaran 2020/2021

Pendidik, Melalui halaman ini kami akan bagikan salah satu file penting perangkat mengajar guru dimusim covid 19 yaitu rpp daring format 1 lembar. Dokumen ini kami share bertujuan membantu teman-teman guru mempersiapkan administrasi dalam menjalani kegiatan mengajar di tahun pelajaran tahun 2020/2021.

gambar contoh RPP daring kelas IV

virus corona yang masih menjadi ancaman saat ini membuat suatu perubahan kepada metode pengajaran disemua jenjang pendidikan. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ditempuh sebagai mekanisme kegiatan pemberian materi tanpa harus kontak langsung antara siswa dan guru.

Walaupun kegiatan belajar dilaksanakan secara online menggunakan whats apps ataupun zoom dan aplikasi lain. Akan sebagai guru profesional harus tetap mempersiapkan sebuah lesson plain yang dijadikan pemandu jalannya proses pembelajaran.

Maka dari itu contoh RPP daring ini kami share agar bisa teman-teman guru gunakan sebagai refferensi. Dan bisa diedit sesuai dengan sarana pembelajaran (aplikasi dalam jaringan) yang digunakan.

RPP yang digunakan masih tetap disusun berdasarkan surat edaran nomor 14 tahun 2019 dengan 3 komponen wajib didalamnya meliputi tujuan kegiatan pembelajaran dan penilaian/assesment. Hanya saja perbedaannya terletak pada metode pembelajaran yang dilaksanakan melalui aplikasi dalam jaringan (daring) berupa WA, zoom, google meet dan lain sebagainya.

Dalam hal ini RPP masih tetap dalam 1 halaman kertas saja. Sehingga bisa lebih hemat penggunaan kertas. Sesuai dengan salah satu prinsip penyusunan RPP yaitu efisiensi.

Penting diketahui untuk mendukung lancarnya proses pembelajaran. Sedikit banyaknya guru harus memahami tekhnologi digital yang digunakan sebagai sarana.

Baiklah sesuai dengan judul postingan maka berikut telah kami siapkan contoh rpp daring kelas 4 SD sebagai refferensi teman-teman guru sekalian.

Contoh RPP DAring

Terkhusus kali ini berikut contoh RPP daring kelas 4 tema 1 format terbaru satu lembar yang telah kami sediakan.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah Melihat Gambar yang di share melalui WA Grup siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

2. Setelah Melihat Video Pembelajaran yang di share melalui WA Grup , siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3. Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

4. Setelah diskusi online melalui Google Meet, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)

- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

1. Sebelum memulai pembelajaran, guru membagikan gambar seorang anak Bali yang memakai baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. (Melalui Grup WA)

2. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan pakaian adat, rumah tradisional dan makanannya.(Melalui Zoom)

3. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar banyak tentang budaya Indonesia. (HOTS)

4. Siswa kemudian akan melakukan kegiatan eksplorasi menggunakan benda-benda yang dapat menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya. (HOTS)

5. Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam menciptakan ansambel bunyi yang enak didengar.

6. Siswa menyimpulkan kegiatan belajar.(Creativity and Innovation)

7. Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru : Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Butuh referensi RPP lainnya ??? Silahkan klik Laman RPP 1 Lembar.

Link Download

Diatas telah kami tampilkan contoh agar bisa memberikan gambaran kepada teman-teman guru sebelum mengunduh file yang telah kami sediakan.

Untuk contoh RPP ini silahkan nanti bapak/ibu mengeditnya sesuai dengan keinginan masing-masing. dan juga boleh menyandingkannya dengan beberapa refferensi yang mengkin telah bapak/ibu sekalian ambil dari laman guruberbagi.kemdikbud.go.id.

Dibawah ini link download RPP daring kelas 4 format satu lembar yang telah kami siapkan.

Semester 1

1. RPP Daring Kelas 4 Semester Ganjil Tahun ajaran 2021/2022

1. RPP Daring Kelas 4 Semester 2 Tahun ajaran 2021/2022

Akhir kata, Cukup disini informasi kali ini kami berikan. Silahkan gunakan sebagai refferensi. Boleh tambahkan komponen lainnya seperti lampiran penilaian jika memang diperlukan.

Tingglkan komentar atau hubungi kontak kami jika membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Daring Kelas 4 SD Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel