RPP Daring Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 Dan 2 Tahun 2020/2021

Guru-Baik.Com - Dihalaman ini akan kami bagikan contoh RPP daring khusus SD format satu lembar 2020/2021. Teman - teman guru bisa menggunakannya sebagai refferensi untuk menyusun administrasi guru dalam menghadapi kegiatan pembelajaran online dimusim covid ini.

gambar rpp daring SD

perlu diketahui bahwa RPP mengajar dengan metode online atau dalam jaringan ini merupakan sebuah lesson plain seorang guru sebagai intervensi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan beberapa fasiliator (media online) yang dipilh sebagai sarana. Seperti group whatsapp, google classroom, google form, telegram dan lain sebagainya.

Pembelajaran daring merupakan implementasi kurikulum darurat yang dicanangkan kemendikbud agar kegiatan pendidikan tetap berjalan. Dimana selama musim covid ini kegiatan pembelajaran dilaksanakan dirumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam rangka tetap mengikuti protokol pencegahan penularan virus corona.

Ada beberapa perubahan untuk RPP daring meliputi metode, materi dan tujuan yang hendak dicapai. Dimana kesemuanya itu tergantung dari planning and goal guru masing-masing.

Dibawah ini ada beberapa hal harus difahami terkait pembelajaran di era pandemi covid 19

  • Kegiatan pembelajaran dalam masa darurat masih tetap berpatokan pada kalender pendidikan pada tahun pelajaran berjalan yang ditetapkan wilayah masing-masing.
  • Kegiatan pembelajaran masa darurat melibatkan guru, orang tua, siswa dan lingkungan sekitar.
  • Kegiatan pembelajaran wajib mempertimbangkan terjaganya kesehatan, keamanan, dan keselamatan peserta didik baik pada aspek fisik maupun psikologi.
  • Kegiatan pembelajaran menitik beratkan pada fokus kurikulum 2013 dimana harus mencapai ketuntasan kompetensi dasar (KD) serta penguatan karakter pembelajaran abad 21, terintegrasi literasi PPK 4c dan hots.

Contoh RPP Daring 1 Lembar

Kali ini kami khususkan untuk contoh RPP daring SD format 1 lembar terbaru. Disusun sesuai dengan permendikbud nomor 14 tahun 2019.

Ada tiga komponen inti penyusun RPP meliputi tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian atau assestment. Dibuat dengan menggunakan prinsip efektif efisien dan berorientasi pada peserta didik. Sehingga diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa dan menumbuhkan potensinya.

Adapun untuk lampiran juga kami sediakan di lembaran lain selain RPP seperti soal hots dan format penilaian.

RPP bisa dibuat sederhana dalam 1 halaman kertas saja. sehingga lebih hemat dan sangat meringankan beban guru dalam membuatnya. Boleh ditambahkan komponen lainnya. Namun hal ini tidak wajib, bisa disesuaikan dengan metode dan tujuan pembelajaran guru masing-masing.

Berikut ini contoh RPP daring untuk kelas 5 SD. kami sediakan dalam format doc/ word sehingga bisa diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Silahkan perhatikan cuplikan dibawah ini :

Link Download

Setelah diatas kami tampilkan contohnya sebagai refferensi. Berikut kami berikan link tautan yang bisa digunakan teman-teman guru untuk mendownload file tersimpan kami dalam google drive.

Download RPP Daring Kelas 1 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Download RPP Daring Kelas 2 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Download RPP Daring Kelas 3 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Download RPP Daring Kelas 4 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Download RPP Daring Kelas 5 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Download RPP Daring Kelas 6 Semester ganjil dan genap Musim Covid Tahun 2020/2021

Jika bapak/ibu ingin menambahkan KD ataupun soal HOTS dalam format RPP daring tersebut diatas silahkan saja. Karena kemendikbud pun membeolehkan setiap guru berkreasi dan modifikasi sesuai keinginan masing-masing sebagai guru "MERDEKA BELAJAR".

Baiklah kami sudahi info ini sampai disini. Silahkan gunakan sebagai refferensi. Dan Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Untuk SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Semester 1 Dan 2 Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel