Download Contoh RPP Daring (PJJ) Kelas 6 SD Semester Ganjil Dan Genap Terbaru 2020/2021

Guru-Baik.com - Membantu teman-teman guru merencanakan kegiatan mengajar dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ). Disini kami bagikan contoh RPP daring untuk kelas 6 SD. Untuk file lengkap ibu/bapak ibu bisa menyesuaikannya dengan metode pembelajaran yang aplikasikan saat ini.

gambar contoh RPP daring (PJJ) kelas 6 SD
Untuk saat ini yang kami bagikan adalah refferensi yang bisa diedit menyesuaikan dengan media online yang digunakan sebagai fasilitator belajar secara online yang dipakai bapak/ibu masing-masing.

RPP musim covid menjadi solusi yang bisa digunakan rekan guru untuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tidak dengan tatap muka langsung saat ini tetapi menggunakan media internet seperti wa, zoom, gooogle meet dan lain - lain.

Sesuai dengan ketentuan saat ini. RPP terbaru disusun berdasarkan arahan mendikbud no 14 tahun 2019 disederhanakan dalam tiga komponen wajib. Selain itu RPP juga berprinsip efisien efektif dan berorientasi pada siswa. Agar guru bisa lebih fokus pada proses pemberian materi ketimbang menyusun administrasi.

Tiga komponen yang kami maksud dalam SE terbaru tersebut meliputi tujuan kegiatan pembelajaran dan penilaian. Boleh ditambahkan kompoenen lain seperti Kompetensi dasar (KD) atau soal hots jika perlu.

Format RPP PJJ ditentukan oleh guru masing-masing dan juga boleh menggunakan refferensi yang telah banyak di share contohnya di laman https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/.

Baiklah dibawah ini, kami tampilkan contoh rpp daring kelas 5 SD/Mi terbaru satu lembar. Silahkan perhatikan cuplikan dibawah ini.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah Melihat Gambar teks tentang perkembangbiakan jagung di Grup Whats apps, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.

2. Setelah mengamati Gambar bunga di Grup Whats Apps, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.

3. Setelah Mendownload PDF teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya di Google Classroom, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.

4. Setelah berdiskusi Online melalui Google Meet, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa Dipandui Melalui Grup Whats Apps Grup, Zoom, Google Meet dan Aplikasi daring Lainnya (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

  • Siswa mengamati Video bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif di grup What Apps
  • Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif di Youtube
  • Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna di Youtube
  • Siswa mencari informasi dari Internet mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
  • Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan mengirimkan tugasnya melalui Grup Whats Apps
  • Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya.
  • Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.
  • Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya negara ASEAN.
  • Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap.
  • Penugasan (Mengerjakan soal daring)

Kegiatan Penutup

  • Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

  • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

  • Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI

  • Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (PENILAIAN)

  • Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan secara daring (Lihat Lampiran)

Untuk melihat contoh rpp daring dalam format word, teman-teman guru bisa melihat penampakkannya dibawah ini.

Link Unduhan

Diatas telah kami tampilkan contoh agar bisa memberikan gambaran kepada teman-teman guru sebelum mengunduh file yang telah kami sediakan.

Untuk contoh RPP ini silahkan nanti bapak/ibu mengeditnya sesuai dengan keinginan masing-masing. dan juga boleh menyandingkannya dengan beberapa refferensi yang mengkin telah bapak/ibu sekalian ambil dari laman guruberbagi.kemdikbud.go.id.

Dibawah ini link download RPP daring kelas 6 format satu lembar yang telah kami siapkan.

Semester Ganjil

1. RPP Daring Kelas 6 Tema 1 Semester Ganjil

2. RPP Daring Kelas 6 Tema 2 Semester 1

3. RPP Daring Kelas 6 Tema 3 Semester 1

4. RPP Daring Kelas 6 Tema 4 Semester 1

5. RPP Daring Kelas 6 Tema 5 Semester 1

Semester Genap

1. RPP Daring Kelas 6 Tema 6 Semester 2

2. RPP Daring Kelas 6 Tema 7 Semester 2

3. RPP Daring Kelas 6 Tema 8 Semester 2

4. RPP Daring Kelas 6 Tema 9 Semester 2

Akhir kata, Cukup disini informasi kali ini kami berikan. Silahkan gunakan sebagai refferensi. Boleh tambahkan komponen lainnya seperti lampiran penilaian jika memang diperlukan.

Tingglkan komentar atau hubungi kontak kami jika membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Download Contoh RPP Daring (PJJ) Kelas 6 SD Semester Ganjil Dan Genap Terbaru 2020/2021"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel