Cara Membuat Akun SSCASN Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Sahabat Guru, Pendaftaran seleksi ASN tahun ini akan resmi dibuka tanggal 30 juni 2021. Ada baiknya mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin dibutuhkan nanti pada saat akan melakukan pendaftaran.

Untuk alurnya sendiri adalah dimulai dengan mendaftar diportal SSCAN. Namun perlu diketahui bahwa untuk bisa terdaftar di portal SSCASN harus memiliki akun terlebih dahulu.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Nah untuk itu melalui artikel ini kami akan memberikan tutorial cara membuat akun sscasn pppk guru tahun 2021 di portal https://sscasn.bkn.go.id/. Agar lebih jelas berikut kami tuliskan secara singkat dan jelas.

Agar supaya nanti saat mendaftar tidak ada kendala ada baiknya mepersiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk mendaftar seleksi PPPK guru 2021. Sebagai berikut:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Ijazah
  • Transkrip Nilai
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Download Surat Lamaran CPNS Dan PPPK 2021

Selanjutnya kita lanjut ketahap pembuatan akun SSCASN. Adapun caranya ialah sebagai berikut:

Langkah pertama Klik buat akun dan akan muncul tampilan Pengecekan Identitas seperti berikut :

Langkah ini bertujuan untuk mencocokkan data pelamar dengan database Disdukcapil.

Langkah kedua : Masukkan sesuai KTP data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Apabila muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif dan Masukkan kode CAPTCHA. Langkah ketiga : Setelah data di atas dimasukan, klik lanjutkan untuk proses selanjutnya. Maka akan muncul tampilan Langkah 2 : Lengkapi Data seperti berikut :

Langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan di Ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar. Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisi otomatis.

Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Khusus kolom Kab/Kota Lahir, cukup ketikkan beberapa karakter pertama saja kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (autocomplete).

Pilih Jenis Kelamin yang sesuai

Unggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik chose file , cari foto yang akan diunggah, kemudian klik open Setelah foto berhasil terunggah, maka akan muncul notifikasi berikut ini

Pelamar dapat memilih untuk mengunggah ulang scan KTP

Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik chpse file , cari foto yang akan diunggah, kemudian klik open Setelah foto berhasil terungga, maka akan muncul notifikasi berikut ini

Pelamar dapat memilih klik ini untuk mengunggah ulang swafoto

Data lain yang perlu diisi adalah :

a) Password dan Konfirmasi Password Masukan password yang mudah diingat. Harap mencatat dan menyimpan password Anda karena akan digunakan untuk login pendaftaran SSCN

b) Pertanyaan Pengaman 1 Pilih pertanyaan pengaman Anda

c) Jawaban Pengaman 1 Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih. Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda

d) Pertanyaan Pengaman 2 Pilih pertanyaan pengaman Anda

e) Jawaban Pengaman 2 Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih. Harap mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda

f) CAPTCHA Masukan kode CAPTCHA. Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.

Selanjutnya klik . Maka akan muncul tampilan Langkah 3 : Pengecekan Ulang Data seperti berikut :

Pada tahap ini, pendaftar HARUS melakukan pengecekan ulang terhadap Swafoto; NIK; Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai KTP); Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah); Email; dan Nomor Handphone. Jika nantinya terdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta TIDAK DAPAT memperbaiki kesalahan penulisan.

Klik kembali jika terdapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untuk diperbaiki, dan klik proses pendaftaran akun untuk memproses pendaftaran akun

Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang diinput sudah sesuai atau belum,

Jika sudah sesuai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini

Selesai tahap ini berarti teman-teman sekalian telah selesai membuat akun pendaftaran seleksi PPPK guru 2021. Silahkan cetak kartu pendaftaran dan lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu pedaftaran ke instansi yang akan dituju.

Jika ingin download buku petunjuk pendaftaran sistem seleksi calon ASN 2021 pdf silahkan gunakan link tautan berikut ini.

Penting Juga :
➧Jadwal Seleksi CPNS Dan PPPK Non Guru2021 (lihat)
➧Jadwal Seleksi PPPK Guru 2021 (Lihat)
➧Alur Seleksi CPNS dan PPPK 2021 (Lihat)
➧Contoh Surat Lamaran (Lihat)
➧Solusi Masalah Pendaftaran CPNS Dan PPPK 2021 (Lihat)
➧Bobot Soal Ujian PPPK 2021 (lihat)

Akhir kata cukup sampai disini informasi kali ini terkait cara membuat akun SSCASN seleksi PPPK guru 2021. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Akun SSCASN Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel