Tujuan, Aspek yang Diukur, Dan Cara Login Serta Mengisi Survei Lingkungan Belajar

Sobat Guru-baik, Dipostingan kali ini kami akan menginformasikan tentang salah satu instrumen penting yang disediakan oleh kemendikbud untuk pelaksanaan asesmen nasional yaitu "survei lingkungan belajar" yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru melalui sistem online.

Melalui situs resminya yang berlamatkan di https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/. Setiap sekolah diwajibkan mengisi beberepa soal dari materi survei.

Adapaun jadwal pelaksanaan survei lingkungan belajar disesuaikan dengan jadwal pelaksanaan asesmen nasional disetiap jenjang satuan pendidikan yang melaksanakan. Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil asesmen nasional secara komprehensif memberikan profil satuan pendidikan dari input-proses-output. Setiap respon yang guru-guru berikan diharapkan dapat mencerminkan kondisi satuan pendidikan sesungguhnya dan menjadi informasi reflektif. Oleh karena itu; kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei lingkungan belajar; menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan. (source : https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login)

Berikut "prosedur dan Cara pengisian Survey Lingkungan Belajar"
➧ Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis
➧ Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login SLB
➧ Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard SLB.
➧ Halaman dashboard SLB dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/
➧ Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.
➧ Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan
➧ Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan

Apa Yang DiUkur

Adapun yang diukur dari survei lingkungan belajar meliputi beberapa aspek berikut:

1. Iklim Keamanan Sekolah

  • keamanan dan well being siswa
  • sikap dan keyakinan guru
  • kebijakan dan program sekolah

2. Iklim Kebhinekaan sekolah

  • praktik multikultural di kelas
  • sikap dan keyakinan guru/kepsek
  • kebijakan dan program sekolah

3. Indeks Sosial Ekonomi

  • pendidikan orang tua
  • profesi orang tua
  • fasilitas belajar di rumah

4. Kualitas Pembelajaran

  • manajemen kelas
  • dukungan afektif
  • aktivasi kognitif

5. Pengembangan Guru

  • refleksi dan perbaikan pembelajaran
  • dukungan untuk refleksi guru

Cara Login

gambar survei lingkungan belajar

Selanjutnya untuk cara login survei lingkungan belajar yang harus dilakukan pertama kali agar bisa masuk ke menu pengisian soal dapat disimak melalui beberapa langkah mudah dibawah ini:
➧ Langkah pertama ; Untuk Mempermudah silahkan siapkan terlebih dahulu beberapa data yang dibutuhkan nanti agar bisa login, meliputi

  • NPSN (Nomor poko sekolah nasional), untuk yang satu ini kami kira bapak/ibu guru telah tau dimana mendapatkannya atau mungkin sudah terekam jelas diingatannya masing-masing
  • Token, Untuk nomer token ini, bapak/ibu guru bisa mendapatkan nya melalui web refferensi.data.kemdikbud.go.id/ptk. Silahkan login kemudian carinomor token yang tersedia dan catat.
  • NIK, nomor induk KTP yang digunakan adalah nomor induk yang mengakses baik guru atau kepala sekolah
  • kemudian tanggal lahir

➧ Langkah kedua, silahkan isikan nomor yang telah kita sediakan pada langkah pertama pada halaman login yang berlamatkan di https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login
➧ Ketiga, Pada tahap ini guru telah selesai login. Langkah selanjutnya ada memulai mengisi soal survey yang telah disediakan.

Itulah kiranya beberapa informasi yang bisa kami sajikan, namun kiranya jangan beranjak dahulu. Sebagai informasi tambahan kami sediakann satu contoh soal survei lingkungan belajar yang kami comot dari link resmi, semoga bisa menjadi refferensi bapak/ibu sekalian. Contoh soal lihat dibawah pada teks bercetak miring: Dalam sebuah kegiatan belajar di kelas, diadakan kegiatan menonton film bersama. Terdapat sebuah adegan di film tersebut yang memperlihatkan seseorang yang menginjak-injak bendera merah putih ketika sedang melakukan demonstrasi. Saya memberikan penjelasan kepada siswa-siswa di kelas bahwa … (GNAT05)

Itulah salah satu contoh soal yang bisa kami tunjukkan. Dan mungkin pembaca memiliki komentar terkait soal tersebut! jika ya, silahkan tinggalkan pada kolom komentar yang tersedia.

Baiklah, kami tutup informasi kali ini sampai disini. Jika bermanfaat silahkan share. Wassalam.

Belum ada Komentar untuk "Tujuan, Aspek yang Diukur, Dan Cara Login Serta Mengisi Survei Lingkungan Belajar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel