Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 11, 12, 13-14, 15 dan 17

Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 11, 12, 13-14, 15 dan 17
Pada kesempatan kali ini akan kami membahas dan berbagi kunci jawaban soal buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan pembelajaran 2. Jawaban yang akan kami berikan kali ini ialah pada soal tema 1 kelas 5 halaman 11, 12, 13, 14, 15 dan 16.

Jawaban soal halaman 11 akan membahas pertanyaan tentang membuat gambar ilustrasi tema hewan kesayangan dengan terlebih dahulu menyusun bacaan atau teks.

Kunci jawaban halaman 12 akan menjawab soal tentang menceritakan rangkaian gambar ilustrasi yang diberikan sesuai dengan pemahaman masing-masing.

Kunci jawaban halaman 13 - 14 akan membahas pertanyaan tentang mendiskusikan mengamati dan mengidentifikasi organ gerak hewan.

Kunci jawaban halaman 15 akan membahas pertanyaan tentang membuat model kerangka dengan menggunakan kertas karton.

Kunci jawaban halaman 17 akan membahas pertanyaan tentang berdiskusi mencari ide pokok paragraf yang berjudul gerak ikan dalam air.

Berikut kami berikan kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 pembelajaran 2 semester 1 kurikulum 2013 revisi pada halaman yang telah kami jelaskan diatas.

Baca Juga :

Kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 halaman 11


Ayo Berkreasi

Soal Halaman 11

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”

Kunci jawaban 

Gambar Ilustrasi


Teks

Piter memiliki seekor kucing dirumah, piter sangat menyayanginya, setiap hari dia memandikannya dan selalu rutin memberikannya makanan.

Kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 halaman 12

Ayo Mencoba

Soal Halaman 12 

Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu.

Jawaban


Kelinci yang baru lahir sepenuhnya bergantung kepada ibunya, makanan didapat dari susu siibu kelinci, Hari kehari ketika kelinci mulai tumbuh, ia terus belajar untuk mandiri dan mencari makanan sendiri, Sehingga ketika kelinci dewasa ia bisa hidup mandiri dan bisa mengurus dirinya sendiri.

Kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 halaman 13-14


Ayo Berdiskusi


Soal Halaman 6

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.

Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut. 

Jawaban

No
Nama Hewan
Nama Organ Gerak
Fungsi
1
Kelinci
Kaki
Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.
2
Ikan
Sirip dan Ekor
Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yaitu meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung sampai ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan lateral menghasilkan gaya yang mendorong ikan ke depan.
3
Katak
Tungkai Kaki
Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat.

Katak mempunyai tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, oleh karena itu katak dapat melompat dengan tinggi. Selain itu, katak juga mempunyai selaput renang yang memberikan tekanan kuat saat katak berada dalam air, sehingga katak dapat bergerak.
4
Burung
Sayap dan Kaki
Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang lainnya, kecuali kedua tungkai depannya berubah menjadi sayap. Burung mempunyai sejumlah ciri-ciri khusus yang berhubungan dengan kemampuan terbang. Ciri-ciri khusus itu sebagai berikut.
1.      Sebagian ruas tulang belakang menjadi satu membentuk titik tumpu yang kuat sewaktu sayap dikepakkan.
2.      Tulang yang besar biasanya berongga. Hal ini untuk mengurangi bobot badan. Berat rangka burung hanya 4% dari seluruh berat badan.
3.      Pada tulang dada yang berlunas dalam, melekat otot-otot terbang yang kukuh untuk menggerakkan sayap.

Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga dapat berenang dengan kakinya. Burung yang dapat berenang umumnya memiliki selaput pada kakinya.
5
Kadal
Tungkai Kaki
Golongan reptil misalnya kadal, mempunyai perkembangan yang baik pada rangka bagian tungkai. Begitu pula dengan jenis cecak. Struktur telapak kaki cecak memiliki bantalan kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik.
6
Kambing
Kaki
Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.
7
Ular
Rangka tubuh
Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada bagian permukaan yang tidak rata dan bila ayunan gelombang sampai ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.


Kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 halaman 15


Ayo Berkreasi

Soal Halaman 15

Kamu telah mengenal beberapa jenis hewan vertebrata beserta organ gerak dan fungsinya. Sekarang pilih salah satu dari hewan tersebut kemudian buatlah model kerangkanya dengan menggunakan kertas karton. Buatlah semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Langkah-langkah kerja.
1. Siapkan alat dan bahan.
a. Kertas karton atau kardus tebal
b. Gunting
c. Pensil
d. Penghapus
e. Penggaris

2. Gambarlah pola pada kertas.

Buatlah pola per bagian sesuai dengan bagian-bagian tubuh hewan yang kamu pilih. Misalnya bagian kaki sendiri, bagian badan sendiri, dan lainlain. Gambar pola akan sangat menentukan hasilnya. Jadi, gambarlah pola dengan bentuk dan ukuran yang tepat antarbagiannya agar pada saat mengggabungkannya nanti dapat menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk hewan keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.

3. Guntinglah kertas sesuai pola.

Arah guntingan harus tepat pada garis dan gambar pola yang telah dibuat.

4. Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Coba perhatikan contoh berikut.


Jawaban

Untuk jawaban soal ini silahkan sesuaikan hasil kerja setiap siswa sesuai dengan model kerangka hewan yang dibuatnya.

Kunci jawaban buku siswa tematik kelas 5 tema 1 halaman 17


Ayo Membaca

Soal Halaman 17

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Jawaban



Link Download Kunci jawaban soal tematik buku siswa kelas 5 tema 1 halaman 11, 12, 13, 14, 15 dan 17 doc, Ambil File.

Demikian Pembahasan soal dan kunci jawaban soal buku siswa kelas 5 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 11, 12, 13, 14, 15 dan 17 kami bagikan. Semoga bisa menjadi refferensi bagi peserta didik maupun pendidik yang membacanya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 11, 12, 13-14, 15 dan 17"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel