Aplikasi RKAS BOS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020

Dijelaskan mekanisme baru penyaluran dan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (juknis BOS) sesuai yang tertuang didalam permendikbud nomor 8 tahun 2020, program BOS haruslah transparan dan akuntabel sehingga pihak tim BOS sekolah diharapkan meperhatikan pengolahan dana BOS reguler sekolah masing-masing.

download ARKAS BOS 2020

Untuk mendukung program tersebut pihak sekolah haruslah mengisi RKAS (rencana anggaran dan kegiatan sekolah) yaitu sebuah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun berdasarkan RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diharapkan menuju terpenuhinya SNP.

Menginput Laporan ini (RKAS) merupakan tanggung jawab tim BOS pihak sekolah, dan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan dana BOS tahun 2020.

Pembuatan RKAS harus berdasarkan hasil evaluasi sekolah, disetujui melalui rapat dewan pendidikan dan pertimbangan komite sekolah serta disahkan SKPD pendidikan kabupaten/kota untuk sekolah negeri dan yayasan untuk sekolah swasta.

Untuk mempermudah tim BOS sekolah melakukan proses penginputan RKAS tahun 2020, dirjen dikdasmen kemendikbud kembali merilis aplikasi RKAS versi 2.0 terbaru. Aplikasi ini digunakan untuk pelaporan secara online di semua jenjang mulai dari SD, SMP, SMA/SMK.

Pembaharuan Aplikasi RKAS Terbaru

Pembaruan Aplikasi RKAS versi 2.0 mengakomodir perubahan sesuai mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya yaitu:

  • Pembaruan tampilan
  • Perubahan Aktivasi BKU dari Triwulan ke Tahapan
  • Perubahan laporan realisasi (K7a) per Triwulan menjadi per Semester
  • Referensi Kode menggunakan aturan juknis BOS terbaru
  • Salin Anggaran tahun sebelumnya untuk SMA, SMK dan SLB di hapus dikarenakan berbeda total referensi kode nya
  • Pilihan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat pada saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Guru
  • Pilihan tenaga administrasi saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Tenaga Administrasi
  • Pilihan pegawai perpustakaan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Pegawai Perpustakaan
  • Pilihan Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan
  • Data Siswa update berdasarkan Kepmendikbud
  • Penambahan anggaran SilPA BOS Afirmasi / Kinerja

Download Aplikasi RKAS Versi 2.0

Nah sesuai dengan judul postingan, berikut kami sediakan aplikasi RKAS versi terbaru 2.0 tahun 2020 untuk keperluan input RKAS sekolah masing-masing yang disesuaikan dengan perubahan penyaluran dan pengolahan dana BOS terbaru.

Untuk tim BOS sekolah, bendahara ataupun operator silahkan gunakan link dbawah ini untuk mengunduh ARKAS versi 2.0 yang kami sadur langsung dari http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.

+ Unduh Aplikasi RKAS Versi 2.0 terbaru, Disini

Jika teman-teman sudah mendownload aplikasi diatas namun masing kebingungan, sebagai pelengkapnya dibawah ini kami sediakan petunjuk penginsatalan aplikasi. Sehingga diharapkan informasi yang kami berikan dapat menjwab kebutuhan teman-teman tim BOS sekolah diamanapun berada dengan tuntas.

Berikut petunjuk installasi ARKAS Versi 2.0

  • Unduh aplikasi ARKAS Versi 2.0 pada laman http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download

  • Install ARKAS Versi 2.0 sampai dengan selesai

  • Bagi sekolah yang telah menginstal ARKAS versi sebelumnya, maka dapat langsung melakukan installasi ARKAS versi 2.0 tanpa harus melakukan install ulang Aplikasi ARKAS terlebih dahulu

Sekian Informasi tentang aplikasi RKAS BOS tahun 2020 yang bisa kami berikan, Untuk petunjuk bagaimana cara mengisi atau mengerjakan aplikasi RKAS dapodik versi terbaru akan segera kami berikan nanti pada update artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi RKAS BOS Versi 2.0 Terbaru Tahun 2020 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel