Cara Cek Data NISN Secara Online Terbaru (Update April 2020)

Perlu diketahui untuk cek NISN siswa online saat ini (update 1 April 2020) dilakukan melalui alamat baru di https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ dikarenakan adanya proses konfigurasi server.

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sistem layanan NISN online digunakan pemerintah untuk mempermudah mengelola nomor induk siswa dari data yang didistribusikan langsung oleh Pusat Data dan Statistika Kementerian Dinas Pendidikan secara nasional yang bersumber dari data-data valid dapodik sekolah masing-masing.

NISN berisikan 10 digit angka di mana 3 digit pertama menandakan tahun kelahiran. Sementara 7 digit terakhir adalah kode unik dan berisikan data seperti nama, tempat tanggal lahir , nomor induk siswa dan jenis kelamin, walaupun demikian data ini termasuk data rahasia yang hanya diketahui oleh orang tua, sekolah dan siswa itu sendiri, sehingga tidak boleh untuk disebarkan begitu saja.

Salah satu syarat untuk mendaftar peserta didik baru (PPDB) adalah NISN yang valid (berlaku untuk semua jenjang sekolah). Nah oleh karena itu sebagai orang tua dan siswa sebaiknya lakukan pengecekan NISN online untuk mengetahui aktif atau tidaknya, sehingga nantinya tidak ada lagi kendala ketika akan melakukan pendaftaran menjadi siswa baru di sekolah yang baru.

Cara Cek Data NISN siswa secara online

Untuk memulai, silahkan masuk ke alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ nantinya anda akan langsung mennuju halaman yang meminta beberapa data yang butuhkan sistem untuk mencari.

Jika menggunakan browser komputer maka anda akan disediakan dua opsi yang bisa digunakan yaitu :

cek nisn online melalui browser

Mencari berdasarkan NISN untuk melihat Data Siswa, dengan cara memasukkan NISN siswa.

Mencari berdasarkan Nama untuk melihat NISN, dengan cara memasukkan nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir (format: tanggal/bulan/tahun) contoh: 20/04/2020.

Cek NISN siswa online juga bisa dilakukan dengan menggunakan android, tentu saja harus terlebih dahulu mendowload aplikasinya yang tersedia di goole play.

cek nisn online melalui android

Jika menggunakan android maka anda akan disediakan tiga opsi yang bisa digunakan yaitu :

Dengan mengetik Nomor NISN Siswa
Dengan Scan QR Code yang ada di kartu NISN Siswa
Dengan mengetik Nama Siswa

Untuk semua cara diatas, mekanisme yang digunakan adalah sama yakni Pada form pencarian NISN siswa, silahkan Ketikkan data yang diminta kemudian isikan Kode Capctha (Harus sesuai, perhatikan huruf kecil dan kapitalnya), setelah itu klik Tombol "Cari Data".

Jika data Nisn Valid atau aktif, maka Hasil pencarian NISN yang menampilkan informasi data Siswa akan muncul dibagian sebelah kanan. (lihat gambar).

cara cek NISN online

Untuk mencetaknya bisa langsung discreenshoot saja kemudian simpan dan bisa diprint kapanpun jika membutuhkan.

Namun jika data NISN tidak ditemukan ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya

1. Proses Data masih/sedang berlangsung.
2. Data Siswa belum diajukan lewat dapodik.
3. Kesalahan input data yang menimbulkan perbedaan isian data antara data base dengan data pencarian.
4. Server http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data mengalami masalah

Solusi yang bisa dilakukan ialah sebagai berikut :

Pertama, Hubungi operator dapodik di tempat anak anda sekolah. Kemudian minta data Nama ibu kandung dan NISN yang di entri ke aplikasi dapodik.

Kedua, Jika data ternyata berbeda, silahkan coba data yang diberikan oleh operator dapodik tersebut, nah jika NISN tampil dihasil pencarian, artinya harus ada perbaikan data, baik itu nama ibu kandung maupun NISN.

Ketiga, Serahkan data NISN dan Nama Ibu kandung yang valid ke operator dapodik dan minta dia melakukan perbaikan data melalui situs Verval PD.

Dengan menerapkan langkah-langkah diatas kemungkinan data NISN siswa akan valid dan aktif di pencarian situs NISN kemendikbud.

Akhir Kata, Kami sudahi panduan untuk mencari NISN secara online terbaru 2020, Semoga bisa menjadi refferensi. Silahkan hubungi kami melalui kontak kami atau tinggalkan pesan dalam kolom komentar. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Data NISN Secara Online Terbaru (Update April 2020)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel