Soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) Untuk Guru Dan Siswa [UNBK Tahun 2020]

Ujian Nasional (UN) rencananya akan dilaksanakan pada bulan maret tahun 2020 ini. Sebagai pelaksanaan terkhir kalinya dan kemudian digantikan dengan asesmen kompetensi minimun (AKM), maka pada gladi bersih UNBK disemua jenjang baik guru maupun siswa SD, SMP dan SMA/SMK akan mulai dikenalkan beberapa contoh soal AKM.

contoh soal akm sd smp sma/smk gladi bersih UNBK 2020

Soal-soal AKM yang akan ditemui oleh siswa tingkat akhir disemua jenjang pada tahun 2021 mendatang lebih menekankan kepada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi yakni memahami konsep suatu bacaan dan memahami konsep abstrak yang bisa diterapkan dikehidupan nyata.

Tipe soal AKM di jenjang SD SMP SMA/SMK yang akan di berikan nanti sangat bervariasi mulai dari pilihan ganda, isian singkat, essay dan juga mencocokan gambar dan lain-lain.

Tahap perkenalan soal AKM ini bertujuan untuk bisa mewanti-wanti siswa dan guru agar tidak kelabakan saat program terbaru mendikbud dalam menghapuskan UN ditahun 2021 mendatang, Sehingga diharapkan semua pihak sekolah baik siswa ataupun guru tidak lagi terkejut saat menghadapi hari H dimana pelaksanaan asesmen kompetensi minimun dan survei karakter dimulai.

Contoh Soal AKM

Berikut ini kami berikan contoh soal asesmen kompetensi minimum (AKM) untuk guru dan siswa sebagai media pengenalan serta latihan dirumah agar lebih memahami.

1. Jika ibu membeli tas seharga Rp100.000,00 dan mendapatkan diskon 50%+20%, berapakah harga yang harus dibayarkan?

Penjelasan

Arti 50%+20% adalah memberikan diskon 50% terhadap harga barang, kemudian menambahkan diskon 20% terhadap harga sesudah diskon pertama.

Misal harga barang Rp100.000,00 maka :

(1) harga sesudah diskon 50% adalah Rp100.000 –Rp50.000,00= Rp50.000,00

(2) Harga sesudah diskon tambahan 20% adalah Rp50.000,00-Rp10.000,00 = Rp40.000,00

2. Tentukanlah benar atau salah pernyatan berikut:

  1. Besar diskon di toko A sama dengan diskon di toko B (B/S)
  2. Barang dengan harga yang sama menjadi lebih murah di toko B (B/S)

 

3. Beni hanya memiliki uang Rp100.000,00. Ia ingin membeli kemeja di toko C seharga Rp200.000,00. Ternyata kemejanya sudah tidak tersedia. Teman Beni memberi tahu bahwa kemeja yang sama ada di toko D dengan harga yang sama. Apakah Beni mampu membeli kemeja yang diinginkannya dari toko D? Jelaskan alasanmu!

4.Urutkan promosi berikut dari nilai diskon terbesar sampai terkecil!

5.

Penjelasan

Kedua soal mengukur keterampilan menulis terbatas di mana peserta didik diminta untuk menyusun urutan kalimat agar menjadi paragraf yang padu. Contoh 1 merupakan paragraf singkat dengan kalimat-kalimat sederhana. Sedangkan contoh 2 menampilkan paragraf yang panjang dengan kalimat yang lebih kompleks.

6.

Penjelasan

Kedua contoh soal ini mengukur kemampuan siswa mencari informasi di dalam teks. Yang membedakan kedua contoh ini yaitu kompleksitas teks. Contoh 1 hanya menanyakan ketepatan isi dari kutipan teks (1 bagian teks), sedangkan contoh 2 menanyakan ketepatan isi dari lebih dari satu bagian teks. Untuk bisa menjawab dengan benar contoh 2, siswa harus memahami isi dari keseluruhan teks

7.

Penjelasan

Kedua contoh soal mengukur kemampuan siswa dalam mengintepretasikan makna. Contoh 1 menanyakan makna kata dengan opsi jawaban benar hanya 1, sedangkan contoh 2 menanyakan makna frasa dengan pilihan jawaban lebih dari 1. Kedua contoh juga berbeda dari segi panjang pendeknya teks.

8.

Penjelasan

Melalui soal ini siswa diminta untuk mengungkapkan pendapat/komentar berdasarkan alasan yang logis. Siswa dituntut untuk bisa menggunakan informasi yang diperolehnya dari wacana untuk menanggapi pendapat orang lain.

Untuk sample soal AKM ini kami berikan dalam file berformat pdf, jadi jika ingin menggunakannya dalam bentuk word bapak/ibu bisa mengkonvert nya terlebih dahulu.

Agar lebih jelas, selengkanya bisa dilihat dan download soal AKM melalui file google drive dibawah ini.

Perlu diketahui bahwa butir-butir soal diatas merupakan contoh terbaru AKM 2020, semoga bisamenjadi refferensi guru dan siswa dimanapun berada.

Singkat Cerita, Sampai disini ulasan tentang gagasan mendikbud tentang pengganti UN yakni asesmen kompetensi minimum atau lebih dikenal dengan AKM. Terima Kasih dan Sampai bertemu diartikel selanjutnya.

3 Komentar untuk "Soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) Untuk Guru Dan Siswa [UNBK Tahun 2020]"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel