Rangkuman Materi Srikandi Belajar Dirumah TVRI SMA | Selasa 21 April 2020

Salah Satu materi dalam acara belajar dirumah TVRI selasa 21 April 2020 adalah Srikandi Indonesia, Khusus Untuk Peserta didik Sekolah Menengah atas (SMA). Adapaun Srikandi yang dibahas adalah seorang pejuang atau pahlawan hingga atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

1. Maria Waranda Maramis

Srikandi Indonesia yang satu ini memiliki nama panjang Maria Josephine Catherine Maramis, beliau lahir pada tanggal 1 Desember 1872 di Kema Minahasa Utara provinsi Sulawesi Utara.

Maria merupakan seorang pahlawan Nasional Indonesia yang berusaha mengembangkan keadaan wanita di Indonesia pada awal abad 20 untuk memperkembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju daripada kaum lelaki. Srikandi wanita Indonesia yang satu ini merupakan pendobrak adat, pejuang kemajuan, dan emansipasi wanita didunia pendidikan Indonesia.

Untuk Mengenang jasa beliau telah dibangunkan patung Walada Marawis dikelurahan komo luar kecamatan wenang dan masyarakat Minahasa memperingati hari ibu maria marawis setiap tanggal 1 Desember.

2. Laksamana Keumalahayati

Srikandi satu Ini berasal dari daerah Aceh, beliau merupakan panglima perang Kesultanan Aceh yang tesohor berkat keberaniannya melawan armada angkatan laut Belanda dan Portugis abad ke-16 M sekaligus laksamana pertama didunia.

Gerakan dimulai ketika suaminya tercinta gugur dalam pertempuran saat melawan bangsa portugis. Sehingga beliau bertekad membuat membentuk pasukan yang prjuritnya terdiri dari janda - janda yang suaminya gugur dalam pertempuran.

Cornelis de Houtman, penjelajah Belanda pertama yang tiba di Indonesia, menjadi salah seorang yang tahu betul rasanya digebuk pasukan Malahayati. Saat berupaya menggoyang Aceh pada 1599, pasukan Cornelis de Houtman justru porak poranda.

Tidak hanya Belanda, pasukan Portugis pun sempat merasakan kehebatan pasukan Laksamana Malahayati. Namun, perjuangan Laksamana Malahayati harus terhenti sekitar tahun 1606. Ia gugur saat bertempur melawan pasukan portugis di Perairan Selat Malaka. Jasadnya dimakamkan di lereng Bukit Lamkuta, Banda Aceh.

Hingga saat ini nama Laksamana Keumalahayati atu lebih dikenal dengan nama Malahayati tercatat sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia untuk mengenang jasa beliau yang sangat besar dalam melawan penjajah dari tanah Aceh.

Lihat jawaban dan Soal MAteri Srikandi SMA TVRI Selasa 21 April 2020, DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Rangkuman Materi Srikandi Belajar Dirumah TVRI SMA | Selasa 21 April 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel