Jadwal Pendaftaran Dan 3 Tahap Seleksi PPPK Jalur Guru Honorer 2021

Guru-Baik.Com. Kabar gembira untuk guru honorer K2 maupun nonkategori yang akan mengikuti rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021. Berikut kami himpun info seputar jadwal pendaftaran dan tahapan seleksi yang akan diadakan sebanyak 3 kali tahun ini.

gambar jadwal seleksi PPPK 2021

Menurut keterangan dari bapak Bima Wibisana selaku kepala badan kepegawaian negara (BKN), Pendaftaran PPPK akan dibuka pada bulan Mei 2021 ini dan juga telah di tuturkan bahwa seleksinya pun akan diadakan sebanyak 3 kali dan dijadwalkan rampung tahun ini juga.

Jadwal Seleksi PPPK 2021

1. Seleksi tahap pertama direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus, kemudian dilanjutkan pemberkasan dan penetapan NIP PPPK hingga bulan Septembar 2021

2. Seleksi Tahap Kedua rencananya juga dilasanakan pada tahun ini yakni dibulan Oktober dan berlangsung hingga November untuk pemberkasan dan penetapan NIP PPPK.

3. Sedangkan seleksi Tahap ketiga akan dilaksanakan dibulan Desembar Sehingga dipastikan untuk pemberkasan dan penetapan NIP PPPK akan dilanjutkan pada Januari 2022.

Nah ketiga tahapan seleksi diatas semata-mata adalah sebuah bentuk afirmasi pemerintah yang diberikan kepada guru honorer yang telah mencukupi 4 persyaratan.

Adapun 4 syarat yang harus dimiliki oleh calon guru PPPK 2021 jalur honorer ini adalah sebagai berikut:

- guru Honorer kategori 2 (K2) yang telah terdaftar di database BKN

- Guru Honore yang yang telah memiliki sertifikat pendidik dan terdaftar di Dapodik

- Guru Honorer Yang tidak memiliki Serdik namun terdaftar di Dapodik

- Lulusan PPG yang belum pernah mengajar

Tiga tahap ini diberikan sebagai bentuk kemudahan dari pemerintah agar peserta dapat lulus dan memenuhi nilai passing grade yang telah ditetapkan, tak lolos di tahap pertama, dapat lanjut dan mencoba ditahap berikutnya, pungkas pak Bima.

gambar informasi seleksi PPPK 2021 dari Bima Wibisana Kepala BKN

Tak hanya itu Kemendikbud juga menyediakan sebuah wadah (Aplikasi) yang bisa digunakan untuk mendapatkan bimbingan belajar secara gratis dalam program "Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN dan PPPK 2021". Sehingga dengan kata lain tidak ada lagi alasan untuk guru honor yang telah ikut seleksi tidak lulus.

Pemerintah juga telah menegaskan kalau tahun ini tidak lulus padahal kemudahan demi kemudahan telah diberikan. Pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa lagi.

Sekedar tambahan, berikut beberapa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar pendaftaran PPPK 2021 yang kami himpun dari lampiran diskusi dengan pemerintah daerah mengenai seleksi guru PPPK 2021.

1. Bagaimana dengan guru yang belum terdaftar di Dapodik?

- Bagi guru yang saat ini mengajar namun belum terdaftar di Dapodik maka tidak dapat mengikuti seleksi guru PPPK tahun 2021. Guru-guru tersebut disarankan segera berkoordinasi dengan sekolah dan Pemerintah Daerah terkait pendaftaran di Dapodik sebelum seleksi guru PPPK tahun 2022.

2. Bagaimana dengan guru yang belum memiliki S1/D4?

- Sesuai UU Guru dan Dosen, setiap calon peserta harus memiliki kualifikasi S1/D4. Bagi guru honorer yang belum memiliki kualifikasi S1/D4, disarankan untuk segera melakukan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

- Latar belakang S1/D4 harus linear dengan mata pelajaran yang diajarkan. Di bulan November-Desember 2020, setiap calon peserta diminta mengisi latar belakang S1/D4 di situs InfoGTK: info.gtk.kemdikbud.go.id.

3. Apakah tenaga kependidikan dapat mengikuti seleksi guru PPPK?

- Tenaga kependidikan tidak dapat mengikuti seleksi guru PPPK.

4. Mengapa guru swasta diperbolehkan mendaftar menjadi guru PPPK di sekolah negeri?

- Tujuan utama pembukaan seleksi guru PPPK adalah untuk memenuhi kebutuhan guru, serta meningkatkan kesejahteraan guru-guru yang kompeten namun saat ini tidak dibayar dengan layak.

- Secara hubungan kerja, tidak jauh berbeda antara menjadi guru PPPK dengan menjadi guru kontrak di sekolah swasta. Misalnya, jangka waktu kontrak kerja guru PPPK minimal satu tahun. Maka jika seorang guru swasta kesejahteraannya sudah layak, tidak perlu mendaftar menjadi guru PPPK di sekolah negeri.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan kali ini terkait seleksi guru PPPK 2021 jalur honorer. Semoga bermafaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Jadwal Pendaftaran Dan 3 Tahap Seleksi PPPK Jalur Guru Honorer 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel