Rpp Kelas 5 Semester 1 Tema 5 Format 1 Lembar Tahun 2020/2021

Guru-baik.Com - Download RPP kelas 5 tema 5 versi 1 halaman revisi 2020

Melalui postingan ini kami share kan contoh RPP tema 5 untuk kelas 5 SD yang sudah dibuat sesuai dengan revisi terbaru dari mendikbud.

contoh RPP 1 lembar kelas 5 tema 5 terbaru

Revisi terbaru yang kami maksud artinya telah sesuai dengan SE permendikbud nomor 14 tahun 2019 sebagai petunjuk teknis (juknis) pembuatan RPP. Telah tertulis dalam surat tersebut bahwa RPP harus dibuat dengan sederhana dengan meminimalkan komponen yang ada didalamnya. Sehingga RPP hanya terdiri dari tiga komponen inti saja meliputi tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian.

Walaupun demikian RPP diharuskan tetap efektif digunakan dikelas sebagai kerangka konsep model pembelajaran yang diterapkan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. rpp merupakan salah satu bagian dari perangkat pembelajaran yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru.

Oleh karena itu artikel ini kami buat dengan tujuan bisa memberikan refferensi kepada teman-teman guru dalam meniyapkan perangkat ajar untuk tahun ajaran baru nanti ditahun 2020/2021

Contoh RPP

Sebelum lanjut ke tahap pengunduhan ada baiknya fahami bentuk RPP melalui sampel yang akan kami perlihatkan.

RPP yang kami hadirkan disini terdiri dari 3 komponen inti sebagai penyusunya meliputi tujuan, inti kegiatan dan penilaian. Untuk lebih jelasnya berikut 3 komponen wajib yang ada dalam RPP.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan secara tepat.

2. Dengan menyimak penjelasan dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan. secara tepat.

3. Dengan membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.

4. Dengan melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya secara benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Inti

 Siswa membaca teks dengan saksama bacaan tentang Ekosistem.

 Guru memimpin diskusi kelas dengan menanyakan kata-kata yang sukar serta hal-hal penting seputar bacaan.

 Guru memberikan penjelasan kembali tentang “pokok pikiran”.

 Siswa saling berdiskusi tentang pokok pikiran serta informasi penting yang telah mereka tuliskan.

 Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang jenis makanan hewan.

 Siswa menuliskan hal-hal yang masih belum ia pahami ke dalam tabel pertanyaan yang nanti dapat ia cermati kembali saat siswa sudah memperoleh jawabannya.

 Memahami ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar dan 4.5. Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem.)

 Siswa menuliskan kesimpulan dari hasil kerja kelompok-kelompok lain yang ditampilkan dalam gallery walk.

 Siswa membuat tulisan nonfiksi yang membandingkan dua jenis hewan berdasarkan jenis makanannya yang terdiri atas tiga paragraf

A. Kerja Sama dengan Orang Tua

 Mintalah siswa untuk melakukan kegiatan mengamati hewan piaraan atau hewan pilihannya bersama dengan orang tua mereka menggunakan sumber informasi yang ada di rumah. Dorong siswa untuk mencatat hasil diskusi dengan orang tuanya untuk dipaparkan di depan kelas esok harinya.

Penutup

 Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

PENILAIAN

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

Contoh RPP kelas 5 tema 5 yang kami tampilkan dibawah ini merupakan pembelajaran ke 1 subtema 1. Untuk lebih jelas silahkan perhatikan penampakan dibawah ini

Untuk mendownload rpp 1 lembar kelas 5 tema 5 ekosistem kurikulum 2013 revisi 2020 silahkan dibawah.

Demikian rpp kelas 5 tema 5 ekosistem kurikulum 2013 revisi 2018 lengkap kami bagikan semoga bisa membantu. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Rpp Kelas 5 Semester 1 Tema 5 Format 1 Lembar Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel