Login SIM PKB Guru Terbaru Dan Terlengkap

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan atau di singkat PKB merupakan program wajib pada guru. Tujuannya, yaitu untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui proses pembinaan guru dalam merancanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi proses pembelajaran. Jadi, untuk mengikuti program ini perlu login ke suatu sistem (Login SIM PKB).

Program PKB wajib dilakukan oleh para peserta yang telah mengikuti uji kompetensi guru tahun 2015. Memang sebelumnya program ini hadir dengan nama lain yaitu Guru Pembelajar Online (GPO). Oleh karena itu, banyak yang masih bingung mengenai bagaimana proses login SIM PKB. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Akun SIM PKB?

Mungkin, banyak dari anda yang belum mengetahui cara untuk mendapatkan akun pada SIM PKB. Ternyata, cukup banyak cara yang bisa di lakukan oleh seorang guru untuk mendapatkan akun ini. Berikut beberapa caranya:

Registrasi Sendiri Melalui Halaman SIM PKB
Cara pertama yang bisa anda gunakan yaitu dengan mendaftarkan secara mandiri. Cara ini sangat mudah untuk anda lakukan. Tentunya, ada beberapa langkah yang harus di lakukan. Sudah pasti, bisa anda lakukan dengan mudah.

Meminta Kepada Admin DPK 
Admin Dinas Pendidikan Kabupaten tentu memiliki akses dalam membuat akun SIM PKB. Untuk itu,bagi para guru yang belum memiliki akun bisa memintanya kepada admin DPK. Terutama, jika pada satu sekolah banyak yang belum terdaftar. Hal ini akan memudahkan untuk proses pembuatannya.

Meminta Kepada Operator P4TK
Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan juga dapat membantu pembuatan akun SIM PKB guru pembelajar. Karena, akses yang diberikan pada P4TK lebih tinggi. Jadi, akun bisa di buat dengan lebih cepat. Untuk itu, sampaikan keperluan anda kepada operator P4tK, maka akan di bantu dalam pembuatannya.

Minta Kepada Ketua Komunitas GTK
Komunitas Guru Tenaga Kependidikan dapat membantu untuk membuatkan akun SIM PKB. Jadi, anda bisa meminta bantuan kepada Ketua dari komunitas GTK. Sampaikan keperluan anda dengan baik. Maka, dapat di bantu proses pembuatan akun SIM PKB.

Cara Registrasi Mandiri Akun SIM PKB

Login SIM PKB Guru Terbaru Dan Terlengkap

Jika anda belum memiliki akun SIM PKB, maka bisa membuatnya secara mandiri. Ternyata, tidak susah untuk membuatnya.

Berikut ini langkah yang bisa anda lakukan meliputi:

Buka Halaman Resmi SIM PKB
Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu dengan membuka halaman resmi dari SIM PKB. Anda bisa membukanya dengan klik disini. Kemudian, tunggu sampai halaman benar benar terbuka secara penuh. Maka, akan tampil halaman mengenai informasi untuk registrasi.

Isikan Nomor Peserta UKG 2015
Kemudian, isikan nomor peserta UKG 2015 yang telah anda dapatkan. Setiap guru yang sudah uji kompetensi guru maka akan mendapatkan nomor peserta. Untuk, masukan nomor yang sudah ada tersebut.

Isikan Tanggal Lahir
Selanjutnya, isikan tanggal lahir anda secara benar. Mulai dari tanggal, bulan sampai tahun semuanya harus benar. Karena, jika salah maka sistem secara otomatis tidak menerima pembuatan dari akun SIM PKB anda.

Centang Captcha
Lalu, pada tahapan ini anda perlu mencentang kotak “saya bukan robot”. Pastikan anda memiliki koneksi internet yang baik. Jika tidak, maka akan susah dalam melakukannya. Serta, pastikan juga browser internet anda ialah yang terbaru.

Klik Register 
Terakhir, pastikan semua kolom yang tersedia di isi dengan baik. Lalu, klik pada tombol register dan tunggu sistem selesai dalam pembuatan akun. Akan muncul notifikasi persetujuan, anda bisa klik “setuju”. Secara otomatis, akan muncul file .pdf baru dengan bentuk Surat Pemberiatahuan Akses Layanan. Nah, di dalam fie inilah yang terdapat data berupa email dan password untuk akun SIM PKB anda.

Bagaimana Jika Belum Menjadi Peserta UKG 2015

Cara login sim pkb guru

Beberapa guru bisa saja belum mengikuti UKG pada tahun 2015. Jangan khawatir, masih bisa melakukan registrasi. Berikut ini caranya:

Masuk Ke Halaman SIM PKB
Pertama, anda bisa masuk ke halaman SIM PKB dengan cara klik disini. Kemudian, tunggu sampai halaman terbuka dengan sepenuhnya. Disini, akan terdapat banyak pilihan dari menu. Tentunya, berbeda dengan registrasi yang pertama.

Cari No UKG
Langkah selanjuntya yang perlu anda lakukan yaitu dengan klik “cari No. UKG”. Pencarian nomor ini yang nantinya dapat di manfaatkan untuk mendaftar. Lalu, akan terdapat banyak kolom yang harus anda isikan.

Masukan No GTK
Setiap guru tentu sudah memiliki nomor Guru Tenaga Kependidikan. Jadi, anda bisa memasukannya dengan benar. Pastikan untuk memasukan dengan benar, karena jika salah akun tidak bisa terdaftarkan.

Pilih Provinsi Dan Kota
Selanjutnya, anda bisa memasukan provinsi dan kota. Isikan sesuai data guru yang terdafta pada GTK anda. Biasanya, di sesuaikan dengan penempatan kerja dari setiap guru.

Cari GTK
Selanjutnya, klik pada tombol bertuliskan “cari GTK”. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul informasi mengenai data GTK yang terdaftar beserta instansi terkait. Biasanya, jika nomor GTK diawali pada angka 2015 berarti sudah pernah mengikutinya. Jika belum, nomornya kan berbeda.

Klik Pada Nomor UKG
Terakhir, anda hanya perlu melakukan klik pada nomor UG yang berwarna biru. Maka, akan di arahkan pada halaman untuk registrasinya. Disini, anda bisa mengisikan kolom seperti penjelasan di atas mengenai registrasi sudah mengetahui nomor pesertanya.

Cara Login SIM PKB

Setelah anda membuat akun dari SIM PKB, maka selanjutnya bisa login. Sangat mudah untuk loginnya. Berikut ini langkahnya:

Masuk Ke Halaman Login SIM PKB
Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan masuk ke halaman login SIM PKB bisa klik disini. Kemudian, tunggu sampai halaman tereload dengan sempurna.

Isikan Email Dan Password
Tahapan selanjutnya, anda bisa mengisikan email dan password yang dimiliki. Tentunya, jika belum mendaftar maka bisa mendaftarkannya terlebih dahulu. Jika sudah, anda bisa klik tombol “login” dan tunggu sampai masuk ke halaman dashboard.

Lakukan Verifikasi Dan Validasi
Setiap pengguna yang masuk tentu harus melakukan verifikasi dan validasi. Gunanya, untuk mengetahui kompetensi yang sudah di jalankan ataupun belum. Caranya yaitu hanya dengan klik pada tombol “Edit”. Setelah itu, cek apakah sesuai ataukah tidak. Jika belum, maka anda bisa melakukan penyesuaian terlebih dahulu.

Sedangkan, untuk pengguna baru maka akan muncul pemberitahuan. Isi dari pemberitahuan ini yaitu mewajibkan untuk mengikuti preset. Ikuti preset yang ada, dan pastikan selesai dengan penuh. Jika sudah, maka akan terterasa mengenai capaian kompetensi yang sudah terpenuhi ataupun belum Kemudian, anda harus mendaftar menajdi anggota Komunitas SIM PKB.

Demikian informasi tentang cara untuk login SIM PKB terbaru. Semoga bisa membantu para guru agar bisa melakukannya sendiri dirumah. Selalu pastikan semua data yang di masukan benar. Karena, jika data yang dimasukan salah tidak dapat terverifikasi. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Login SIM PKB Guru Terbaru Dan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel