Download Contoh LK-9 Laporan Best Practice BK SMP PKP 2019

Download Contoh Lembar kerja (LK-9) Laporan Best Practice untuk guru bimbingan konseling (BK) SMP Sebagai dokumen untuk tugas akhir Diklat PKP 2019.

Lk ini dibuat sesuai dengan Sistematika juknis PKP 2019, Dan disesuaikan dengan kriteria guru inti masing-masing.
Download Contoh LK-9 Laporan Best Practice BK SMP PKP 2019

Perlu diketahui file lk-9 yang guru-baik bagikan ini hanya contoh sebagai refferensi pembuatan mata pelajaran BK SMP.

Nantinya laporan ini harus di buat dua versi untuk diunggah di LMS PKP dan di kumpulkan ke guru inti sebagai makalah yang dijilid.

Contoh LK-9 Best Practice BK SMP PKP 2019

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Tujuan dan Sasaran
Tujuan penulisan best practice ini adalah untuk mendeskripsikan best practice penulis dalam menerapkan pembelajaran berorientasi higher order thiking skills (HOTS).
Sasaran pelaksanaan best practice ini adalah siswa kelas VIII B Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Gabuswetan Kab. Indramayu  sebanyak 32 anak.

B. Bahan/Materi Kegiatan
Bahan yang digunakan dalambest practice pembelajaran ini adalahmateri  kelas VIII .B Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi pokok belajar kelompok yang efektif , dengan rincian KD sebagai berikut :
1. Peserta didik mengerti dan memahami tentang belajar dan arti pentingnya
2. Peserta didik mengetahui cara mengulang /menghafal serta membuat ringkasan
3. Peserta didik dapat belajar yang optimal baik di rumah maupun di sekolah.

C. Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan
Cara yang digunakan dalam pelaksanaan best practice ini adalah menerapkan pembelajaran Bimbingan Dan Konseling  dengan model pembelajaran problem based learning (PBL).
Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan best practice yang telah dilakukan penulis.
1. Pemetaan KD
Kompetensi Dasar pada kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1.1 Membuat generalisasi pentingnya belajar kelompok efektif
             1.2 Peserta didik mendiskusikan cara belajar kelompok berdasarkan pengalaman belajar masing-masing.
             1.3   Peserta didik dapat melakukan belajar kelompok yang efektif dengan
hasil yang optimal.

BAB IV
SIMPULAN DAN REKOMENDASI

A. Simpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
1. Pembelajaran Bimbingan dan Konseling dengan model pembelajaran Problem Based Learning layak dijadikan best practice baik pembelajaran berorientasi HOTS  karena dapat meingkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah.  
2. Dengan penyusunan rencana pelaksanaan layanan (RPL) secara sistematis dan cermat, pembelajaran Bimbingan dan Konseling dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21. 

B. Rekomendasi
Berdasarkan hasil praktik baik pembelajaran tematik dengan model pembelajaran problem based learning (PBL), berikut disampaikan rekomendasi yang relevan. 
1. Guru seharusnya tidak hanya mengajar dengan mengacu pada buku siswa dan buku guru yang telah disediakan, tetapi berani melakukan inovasi pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan latar belakang peserta didik dan situasi dan kondisi sekolahnya. Hal ini akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan.
2. Siswa diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada hafalan teori. Kemampuan belajar dengan cara ini akan membantu siswa melakukan pembiasaan belajar di sekolah yang baru secara lebih mendalam dan lebih tahan lama (tidak mudah lupa). 
3. Sekolah, terutama kepala sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan pembelajaran berorientasi HOTS. Dukungan positif sekolah, seperti penyediaan sarana da prasarana yang memadai dan kesempatan bagi penulis utuk mendesiminasikan best practiceini akan menambah wawasan guru lain tentang pembelajaran HOTS.

Download Contoh Lk-9 Laporan Best Practice Bimbingan Konseling (BK) SMP, Disini

Demikian Contoh lk-9 untuk mata pelajaran BK yang bisa kami bagikan, Semoga bisa menjadi refferensi dan Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Download Contoh LK-9 Laporan Best Practice BK SMP PKP 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel