RPP Daring Matematika SMP Kelas 7 8 9 Format 1 Lembar Terbaru 2020/2021

Guru-Baik.Com - Ada yang berbeda pada Kegiatan Pembelajaran semester baru di tahun 2020/2021 ini. Tidak setiap sekolah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka seperti biasanya. Hanya sekolah yang memenuhi persyaratan yang bisa menggelar pembelajaran tatap muka dimusim pandemi covid 19 ini.

gambar contoh RPP daring matematika SMP

Bagi sekolah yang tidak memenuhi persyaratan untuk menggelar pembelajaran tatap muka, Solusi terbaik sebagai alternatif yang diusung kementrian pendidikan dan kebudayaan (KEMENIKBUD) adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal ini tentu saja mengingat Prinsip kebijakan pendidikan yang dikeluarkan di masa Pandemi Covid-19 yaitu dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat.

Oleh karena itu setiap guru harus mempersiapkan rencana mengajar yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran jenis ini. RPP moda daring menjadi salah satu yang bisa digunakan guru-guru agar kegiatan pembelajaran dimusim pandemi ini dapat terlaksana dengan baik.

Didalam RPP telah diatur sedemikian rupa meliputi 3 komponen yang menjadi penyusun RPP k13 Terbaru sesuai edaran mendikbud no 14. Ada dua tipe RPP yang bisa digunakan guru untuk mengajar dimusim corona yakni model pembelajaran daring dan luring.

Berikut kami berikan sebuah contoh RPP Daring matematika SMP yang bisa digunakan oleh teman-teman sekalian untuk membuat lesson plain versi sendiri yang mengacu kepada kurikulum darurat dimusim wabah corona ini.

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak penjelasan materi dalam video youtube yang dikirim guru Melalui Grup Telegram/Whatsapp, peserta didik dapat:

  • Menjelaskan pengertian bilangan bulat
  • Membandingkan bilangan bulat

B. Media Pembelajaran & Sumber Belajar

  • STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan.
  • Sumber Belajar: As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Youtube dan TVRI.

C. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dipandu melalui grup Whatsapp, dan siswa mengisi daftar hadir Online Yang dikirim Guru ke Grup Whatsapp
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
  • Melalui Grup Telegram/Whatsapp guru Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Membandingkan bilangan bulat.
  • Melalui Grup Telegram/Whatsapp Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Kegiatan Literasi : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Membandingkan bilangan bulat.

Critical Thinking : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membandingkan bilangan bulat.

Collaboration : Peserta didik bersama orang tua dirumah mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membandingkan bilangan bulat.

Communication : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan.

Creativity : Melalui Grup Telegram/Whatsapp Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membandingkan bilangan bulat. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D. Penilaian Hasil Pembelajaran

  1. Penilaian Pengetahuan; Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran), Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan dan Penugasan (Lihat Lampiran)(SOAL DARING)
  2. Penilaian Keterampilan; Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek (Lihat Lampiran, Penilaian Produk (Lihat Lampiran, Penilaian Portofolio

Lihat juga Sampel lainnya yang kami sediakan dalam format word/doc dalam cuplikan dibawah ini :

Link Download

Untuk lebih memudahkan guru-guru sekalian, dibawah ini juga kami sediakan link uduhan menuju penyimpanan file penyimpanan google drive kami lengkap untuk semua kelas.

Download RPP Daring matematika Kelas 7 Semester 1 & 2 Terbaru 2020/2021

Download RPP Daring matematika Kelas 8 Semester 1 & 2 Terbaru 2020/2021

Download RPP Daring matematika Kelas 9 Semester 1 & 2 Terbaru 2020/2021

Akhir kata, Kami cukup dan tutup informasi ini sampai disini. jika ada pertanyaan silahkan hubungi melalui kontak kami yang telah kami sematkan atau silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RPP Daring Matematika SMP Kelas 7 8 9 Format 1 Lembar Terbaru 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel