Rpp kelas 1 SD tema 1 Diriku kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1

Teman - teman guru wali kelas 1 SD dimanapun berada, kami bagikan rencana pelaksanaan perangkat pembelajaran (RPP) kelas 1 SD tema 1 "Diriku" kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 secara gratis.

rpp kurikulum 2013 revisi 2017 ini difokuskan untuk meningkatkan hubungan dan keterkaitan KI dan KD, dan juga dalam penyusunan rencana perangkat pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 revisi 2017 haruslah terintegrasi literasi, PPK, 4C dan hots yang diharapkan fokus pembelajaran berfokus pada siswa.

Rpp kelas 1 SD tema 1 "Diriku" kurikulum 2013 revisi 2017 ini terdiri dari 4 sub tema yaitu aku dan temanku, tubuhku, aku merawat tubuhku dan aku istimewa yang mana setiap sub tema terdiri dari 6 pembelajaran.
Rpp kelas 1 tema 1 k13 revisi 2017 ini merupakan revisi yang masih dipakai untuk saat ini tahun ajaran 2019/2020.

Dimana telah kita ketahui bersama bahwa rpp sangat penting dimiliki oleh seorang guru, agar dapat mempermudah proses pembelajaran dan melaksanakan mengajar dan evaluasi siswa menggunakan perangkat ajar yang terencana.

Contoh Rpp kelas 1 SD tema 1 kurikulum 2013 revisi 2017

(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan :  SDN 5 Rajamandala
Kelas / Semester :  I (Satu) / 1
Tema 1                 :  Diriku
Sub Tema 1         :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran         :  1
Alokasi Waktu :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A. KOMPETENSI INTI (KI)
  • KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 
  • KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru 
  • KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
  • KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan

Indikator :
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat


PPKn

Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

Indikator :
3.2.4 Menggali informasi halhal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah


SBdP

Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu
Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2. Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3. Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4. Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
5. Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat ke luar rumah.

Karakter siswa yang diharapkan :  
  • Religius
  • Nasionalis 
  • Mandiri
  • Gotong-royong
  • Integritas
D. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancar (religius)
  Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
  Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman (Literasi)
   “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
10 menit
Inti
·         Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.(nasionalis dan integritas)
·         Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
·         Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat). ( Collaboratif)
·         Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
·         Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.(Gotong-royong)
·         Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
·         Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
·         Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.(Mandiri)
·         Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.(Critical Thinking and Problem Solving)
·         Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.(Integritas)
·         Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
35 Menit X  30 JP
Penutup
  Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Critical Thinking and Problem Solving)
  Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai. (Mandiri)
  Guru memberi salam penutup. Siswa berdoa bersama-sama (religius)
  Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
15 menit

SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
  • Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
  • Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
  • Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
  • Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama

Download Rpp k13 kelas 1 tema 1 revisi 2017

Sesuai dengan janji kami diawal postingan bahwa rpp kelas 1 tema 1 akan kami bagikan secara gratis, melalui link yang telah kami sematkan dibawah ini, bapak/ibu guru dapat dengan mudah mendownloadnya.

Untuk mendownload Rpp kelas 1 SD tema 1 "Diriku" revisi 2017 sub tema 1 sampai 4 dibawah.

Rpp kelas 1 SD tema 1, Subtema 1 : Aku dan temanku
Rpp kelas 1 SD tema 1, Subtema 2 : tubuhku
Rpp kelas 1 SD tema 1, Subtema 3 : merawat tubuhku
Rpp kelas 1 SD tema 1, Subtema 4 : Aku istimewa
Demikian informasi terkait rpp kelas 1 tema 1 kurikulum 2013 revisi 2017 yang bisa kami berikan, semoga bisa membantu bapak / ibu sekalian, Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Rpp kelas 1 SD tema 1 Diriku kurikulum 2013 revisi 2017 Semester 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel