Contoh Best Practice Guru SD Dan SMP

Untuk membantu guru peserta diklat PKP dalam membuat tugas best practice, disini kami bagikan contohnya lengkap untuk tingkat SD dan SMP.
Perlu diperhatikan bahwa pembuatan tugas lk-9 harus dibuat sesuai dengan sistematika penulisan laporan best practice dalam juknis PKP 2019. Dan dibuat dalam 2 bentuk file dan print out.
Contoh best practice yang kami bagikan ini lengkap untuk SD kelas bawah dan tinggi juga untuk SMP semua mata pelajaran (mapel) : Bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA, PKN, PJOK, prakarya, seni budaya dan bimbingan konseling.  Sehingga sangat mungkin sekali untuk bisa dijadikan sebagai refferensi guru SD dan SMP.

Contoh best practice PKP


Pengembangan dalam bentuk Best Practice berjudul Pembelajaran Hewan dan Lingkuangan melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Discoveri Learning..
Nama :..................
Asal Sekolah:
Telah disetujui dan disahkan pada / oleh
Hari/Tanggal : November 2019
Kepala Sekolah
NIP.....................
KATA PENGANTAR
Assalammualaiku m. Wr.Wb
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan 15 Oktober 2019
Dalam penyusunan Best Practice penulis banyak menerima bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat.
  1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat
  2. Kepala SD Negeri 1 Sumber Rejo yang telah memberi izin, kesempatan dan kepercayaan kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini seluas – luasnya
  3. Semua rekan guru di SD Negeri 1 Sumber Rejo yang telah memberi bantuan selama proses penelitian sampai dengan terwujud dalam bentuk Best Practice ini.
  4. Suami dan anak - anak tercinta yang selalu memberi dukungan doa dan memberikan kekuatan dalam setiap langkah.
  5. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan berupa apapun dalam menyelesaikan best practice ini.
Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan karya ini.
  1. JENIS KEGIATAN
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui DirektoratJenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berfikir tingkat tinggi adalah proses berfikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktifitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun yang berasal dari PPPPTK, LPMP, maupun Perguruan Tinggi dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi positif dalam mewujudkan penyelesaian Unit Pembelajaran ini
  1. MANFAAT KEGIATAN
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerla guru (KKG) SD dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon dalam zonasinya, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragamin mutu pendidikan di lingkungan terdeka! seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.
Semoga Unit Pembelajaran ini bisa menginspirasiguru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi.
File Lengkap Best Practice SD
  1. Contoh best practice PKP SD Kelas rendah, Ambil file

  2. Contoh best practice PKP SD Kelas Tinggi, Ambil file

File Lengkap Best Practice SMP
  1. Contoh Best practice PKP Seni Budaya, Ambil file

  2. Contoh Best Practice PKP Bahasa Inggris, Ambil file

  3. Contoh Best Practice PKP Matematika, Ambil file

  4. Contoh Best practice PKP Bimbimgan Konseling (BK), Ambil file

  5. Contoh Best Practice PKP IPA, Ambil file

  6. Contoh Best Practice PKP IPS, Ambil file

  7. Contoh Best Practice PKP Bahasa Indonesia, Ambil file

  8. Contoh Best Practice PKP PKN, Ambil file

  9. Contoh Best Practice PKP PJOK, Ambil file

  10. Contoh Best Pracktice PKP Prakarya, Ambil file

Demikian Dan Terima KAsih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Best Practice Guru SD Dan SMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel